Pesawat N250 BJ Habibie Hampir Tersangkut di Gerbang Tol Banyumanik

BNews–SEMARANG– Pesawat N250 Gatotkaca rancangan BJ Habibie hampir tersangkut di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Kamis malam (20/8/2020). Pesawat itu akan dibawa ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Terkait kejadian tersebut, Manajer Operasi PT Trans Marga Jawa Tengah (TMJ), Fauzi Abdurrahman mengatakan bahwa pesawat itu hampir tersangkut namun beruntung sempat berhenti sebelum memasuki pintu tol.

Ia menjelaskan, karena tinggi muatannya tidak cukup melintasi gardu yang saat itu hendak dilewati, pesawat N250 Gatotkaca pun akhirnya pindah ke jalur yang lebih besar dan muat untuk dilewati.

“Tinggi muatan tak cukup untuk melintasi gardu yang saat itu dilewati batas tinggi maksimal 4,2 meter. Sehingga truk pengangkut pesawat itu mundur dan melewati lewat gerbang yang lebih tinggi. Yakni ke gardu paling kanan yang lebih besar,” kata Fauzi, Dikutip HarianJogja.

Meski perjalanannya sempat terhambat, namun pesawat buatan pertama hasil karya anak bangsa itu akhirnya bisa kembali melanjutkan perjalanan.

Diberitakan sebelumnya. pesawat N250 dibawa melalui jalur darat dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung. Menuju Museum Pusat Dirgantara (Muspurdirla) Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

Perlu diketahui, pesawat N250 Gatotkaca merupakan pesawat penumpang sipil yang mulai dirancang bangun pada tahun 1986 dan pada tahun 1995 berhasil mengudara di langit Indonesia. Pesawat ini dibuat oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang kini bernama PT Dirgantara Indonesia. (*/rur)

Loading...
Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: