Pilkada Serentak Hemat Anggaran Rp 182 Milyar

BNews-BANDONGAN— Pilkada serentak untuk Pilbup dan Pilgub 2018 menghemat anggaran Rp 182 Milyar. Pemilu dijadwalkan pada tanggal 27 Juni 2018 di Jawa Tengah.

 

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo menerangkan Pilbup atau Pilwakot dan Pilgub akan lebih efisiensi Rp 182 Milyar jika dilakukan serentak dari pada sendiri-sendiri.”Pada tahun 2018 sendiri ada 7 Kabupaten Kota di Jawa Tengah yang akan melaksanakan Pilkada serentak yakni Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang, dan Kota Tegal,” katanya saat ditemui di acara Launching Maskot KPU Kabupaten Magelang kemarin (8/10).

 

“Jika Pilkada serentak di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah di lakukan pemerintahan dapat menghemat anggaran mencapai Rp 1,6 Trilyun dan hal ini akan terjadi saat Pilkada 2024,”imbuhnya.

 

Ini merupakan salah satu tujuan pilkada serentak, dengan pelaksanaan yang serentak maka akan lebih efisiensi anggaran. Dalam penyelenggaraan Pilkada serentak saat ini, terdapat peraturan penggunaan anggaran sosialisasi yang berbeda dibanding dengan pemilu sebelumnya, yaitu terdapat anggaran untuk sosialsasi ditingkat Kecamatan.

“Dengan adanya anggaran ini tugas sosialisasi tidak tertumpu pada  KPU Kabupaten/Kota saja, melainkan sudah dapat dilaksanakan mandiri di tingkat Kecamatan melalui Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK),” paparnya.

“Nanti setiap Kecamatan melalui PPK ada anggaran sosialisasi sebesar Rp 10 juta hingga Rp 13 juta dan KPU Kabupaten/Kota hanya akan menjadi fasilitator saat sosialisasi pemilu oleh PPK tingkat Kecamatan,” tegasnya.

“Saya harap nantinya sosialisasi tingkap Kecamatan melalui PPK bisa dikonsep menyesusaikan culture masyarakat bisa melalui seni budaya atau adat istiadat masyarakat setempat sehingga mudah diterima langsung oleh masyarakat,”pungkasnya. (bsn)

 

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: