PPMT UNIMMA Dampingi Pelatihan Wudhu Secara Online Pada PAUD Tunas Bangsa Dusun Menayu

BNews–MAGELANG– Pandemi Covid-19 di Indonesia sampai awal bulan Juni 2021 masih belum diketahui kapan akan berakhir. Hal ini diperkuat dengan semakin melonjaknya kasus infeksi covid-19 yang terus mengalami kenaikan.

Dan hal ini membuat Pemerintahh Indonesia kembali menerapkan kebjikan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Hal tersebut memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia baik dari sektor sosial, perekonomian hingga sektor pendidikan.

Kebijakan PPKM yang awal nya hanya akan diberlakukan selama 2 minggu pun kembali diperpanjang hingga akhir bulan Juni. Hal ini sangat berpengaruh bagi Program Kerja (Proker) PPMT (Pengabdian Pada Masyaraat Terpadu) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) yang diterjukan pada Paud Di Desa Menayu Kecamatan Muntilan, Magelang.

Hampir semua proker yang sudah kami susun secara baik pun mau tidak mau harus kami kembangkan kembali secara online.

Kelompok PPMT UNIMMA periode 3 ini beranggotakan Anggraeni Nur H, Firda Dewi A, Nur Fadilah Ariningtyas, Kurnia Primaturi, dan Bagus Munir K.

Mereka akhirnya memberikan inovasi terkait proker kami, yang mengangkat tema meningkatkan kualitas hidup islami dengan memberi pelatihan wudhu. Dengan sasaran yakni kepada anak-anak Paud Desa Menayu secara online.

Tahapan nya adalah dengan memberikan video tutorial wudhu dan niat kemudian bacaan doa wudhu kepada grup WhatsApp wali murid. Kemudian kami berikan tugas agar wali murid mengajari anaknya berwudhu.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Agar Inovasi kelompok PPMT ini berjalan dengan baik dan maksimal, maka diminta kepada wali murid untuk memvideokan anak nya yang sedang melakukan praktek wudhu tersebut.  Dan dikirim kan kembali dalam grup WhhatsApp yang telah disediakan.

Dengan inovasi tersebut kami berharap agar sektor pendidikan mampu berjalan beriringan dengan kebijakan PPKM dari pemerintah. Walaupun memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pelatihan secara tatap muka langsung atau offline.

Kelompok mahasiswa PPMT ini berharap dengan adanya inovasi tersebut, dapat  memberikan sedikit contoh. Dan tentunya meningkatkan semangat berjuang teman-temannya sebagai mahasiswa agar dapat terus kreative dan inovatif dalam menghadapi segala bentuk rintangan selama masa PPKM dan masa Pandemi Covid-19. (adv)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: