Presiden Umumkan Perpindahan Ibu Kota Negara Hari ini

BNews—NASIONAL— Pidato tahunan  Presiden Jokowi di Gedung MPR RI, paga tadi (16/8) menyinggung soal pemindahan ibu kota negara. Di manakah lokasi Ibu Kota baru tersebut?Hingga kini, pemerintah baru memutuskan, lokasinya bakal berada di Pulau Kalimantan. 

“Nanti akan diumumkan saat pidato kenegaraan,” ucap Jokowi saat menerima Forum Pemred di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019.

Advertisements


Pemindahan tersebut rencananya dimulai pada 2021 mendatang. Jokowi menegaskan, tidak mengambil keputusan soal Ibu Kota ini dengan buru-buru. Pemerintah pun telah melakukan kajian-kajian. Mulai dari sektor ekonomi, demografis hingga masalah sosial politik.


“Nanti kalau sudah rampung, sudah tuntas, dan detailnya sudah dipaparkan (seperti) kajian kebencanaan seperti apa, mengenai air, mengenai keekonomian, mengenai demografinya, masalah sosial politik, pertahanan keamanan. Semuanya memang harus komplet,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Selasa 7 Mei 2019, Jokowi sempat meninjau sebuah lokasi di Kalimantan Timur. Lokasi itu adalah Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara (Kukar).

Namun, selama di Kaltim, Jokowi memang belum menjatuhkan pilihannya. Pasalnya, Tahura Bukit Soeharto masih bersaing dengan kandidat Ibu Kota Baru lainnya, yaitu Palangkaraya di Kalimantan Tengah (Kalteng). (bn1/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: