Proyek Jalan Tol Jogja-Solo-Bawen Terus Berlanjut

BNews–JOGJA-– Proyek pembangunan jalan tol di Yogyakarta dipastikan terus berlanjut. Baik itu ruas jalan tol Jogja-Solo maupun Jogja-Bawen.

Proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Solo telah selesai tahapan konsultasi publik dan bakal dilanjutkan dengan fasilitas penerbitan Izin Penetapan Lokasi (IPL) yang ditargetkan keluar Juli 2020.

Sedangkan proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Bawen baru merampungkan tahapan sosialisasi. Kemudian akan dilanjutkan konsultasi publik dan fasilitas IPL yang ditargetkan keluar akhir 2020.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian Unit Manajemen Tim Pelaksana Percepatan Pembangunan Program Prioritas (TP5) DIY Rani Sjamsinarsi. Ia juga mengatakan proses konsultasi publik kepada warga terdampak proyek pembangunan Jalan Tol Yogya-Solo sudah selesai dilakukan. Kemudian dilanjutkan dengan ruas Jalan Tol Yogya-Bawen. Sedangkan rencana proyek pembangunan jalan tol di DIY arah Barat yaitu ruas Yogya-Cilacap masih dibahas teknisnya dengan Pemerintah Pusat.

“Tahapan konsultasi publik lanjutan pembangunan Jalan Tol Yogya-Solo maupun ruas Jalan Tol Yogya-Bawen sudah selesai dilakukan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (PTR) atau Kundha Niti Mandala sarta Tata Sasana DIY. Memang sempat ada masalah pada tahapan itu, tetapi sudah diselesaikan,” katanya (22/6/2020).

Ia mengungkapkan, sebelumnya Dinas PTR DIY telah melakukan penjajakan untuk mempersiapkan pengadaan lahan dua ruas jalan tol tersebut secara bertaha. Hal itu dimulai dari ruas Yogya-Solo disusul ruas Yogya-Bawen melalui sosialisasi, pendataan awal, konsultasi publik dilanjutkan fasilitas penerbitan IPL.

Apabila ada warga terdampak yang keberatan maka dimungkinkan ada perubahan sedikit sehingga bisa berubah Detail Engineering Design (DED)-nya. Sebab ada pertimbangan dari sisi negara, jika dalam tahapan masih terdapat warga yang keberatan.

DOWNLOAD MUSIK KEREN (KLIK DISINI)

“Kita sudah sepakat perihal trase yang akan dilewati Jalan Tol Yogya-Solo dan Yogya-Bawen. Kemudian dilanjutkan sosialisasi dan konsultasi publik secara bertahap kepada warga yang dilewati jalan tol tersebut,” imbuhnya.

“Pascakonsultasi publik, Jalan Tol Yogya-Solo sedang dibuat fasilitas IPL-nya dan mudah-mudahan bisa terbit bulan depan. Lalu pembebasan lahan oleh prakarsa badan usaha,” jelasnya.

Ia menambahkan, setelah IPL Jalan Tol Yogya-Solo keluar Juli 2020 nanti, dilanjutkan dengan fasilitas IPL Jalan Tol Yogya-Bawen yang ditargetkan rampung akhir tahun ini. Jalan Tol Yogya-Bawen masih dalam tahap sosialisasi saat ini, kemudian baru dilanjutkan tahapan konsultasi publik dimana pembebasan lahannya akan dilakukan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

“Semua tetap berjalan sesuai dengan tahapannya masing-masing, baik di daerah maupun di pusat. Kami optimis proyek pembangunan jalan tol di DIY ini akan berjalan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Terakhir ia menyampaikan, untuk pembangunan Jalan Tol Yogya-Cilacap via Kulonprogo, saat ini baru diproses Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pun sedang tender untuk pembangunan fisiknya melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang agak panjang prosesnya,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas PUPESDM DIY Hananto Hadi Purnomo, menambahkan untuk proses persiapan untuk pembebasan lahan proyek Jalan Tol Yogya-Solo. “Kami sudah tidak berbuat apa-apa karena sudah akan memasuki tahapan fasilitasi IPL untuk tahapan pembebasan lahan,” tambahnya. (*/Lubis)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: