Puluhan Ribu Bibit Pohon Gayam Dan Beringin Hijaukan Lereng Menoreh

BNews–SALAMAN– Peringati Hari Jadi Kelompok Tani Argo Kencono Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang, seluruh warga adakah penghijauan lereng menoreh. Sebanyak 30 ribu bibit pohon ditanam oleh seluruh warga Desa Ngargoretno (23/12/2020).

Dengan konsep hutan rakyat, warga Desa Ngargoretno menanam bibit pohon gayam dan beringin di lahannya sendiri. Perlu diketahui, Desa Ngargoretno Kecamatan Salaman ini secara geografis memang berada di kawasan lereng perbukitan menoreh.

Untuk pengadaan bibit pohon sendiri disuplay dari Dinas Kehutanan Jawa Tengah Wilayah 9. Turut hadir Kepala Cabang 9 Dinas Kehutanan Jateng, Slamet Rohadi yang ikut serta dalam penghijauan.

“Saya merasa senang dan bangga akan semangat warga Desa Ngargoretno ini. Dimana mereka sangat memperhatikan lingkungannya, khususnya wilayah lereng menoreh ini,” kata Slamet Rohadi.

Sementara Ketua Gabungan Kelompok Tani Desa Ngargoretno, Ahmad Bilal menyampaiak tujuan penanaman pohon ini untuk menjaga lereng menoreh agar tetep ijo royo royo. “Terpenting lagi memberikan manfaat bagi warga dan meminimalis terjadinya tanah longsor,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan komitmen warganya paska dilakukan penghijauan tersebut. “Setelah ini ditanam tidak akan dibiarkan begitu saja. Nanti kita gerakan seluruh warga khususnya para petani untuk melakukan perawatan dan pemupukan,” tegasnya.

Sementara Kepala Desa Ngargoretno, Dodik Susone mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit pohon. “Dan khususnya bagi para petani dan warga Desa Ngargoretno yang tetap semangat menjaga lingkungah,” imbuhnya.

Desa Ngargoretno sendiri, lanjutnya terdapay 900 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa mencapai 2800.  “Dan kali ini penanaman melibatkan semua unsur mulai KSPM komunitas selorejo pedulienoreh, gabungan melompok tani sedesa ngargoretno; kelompok sadar wisata desa dan seluruh unsur Pemerintah Desa Ngargoretno,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: