Puluhan Ribu Sertipikat Tanah Diterima Warga Magelang

BNews–MUNGKID– Sebanyak 35.172 sertipikat diterima warga Kabupaten Magelang kemarin (9/11/2020). Jumlah tersebut masih belum memenuhi target awal yang berjumlah 55.223 sertipikat tanah.

Penyerahan sertipikat itu senditi dilakukan secara simbolis di Rumah Dinas Bupati Magelang kemarin (9/11/2020). Serta melakukan daring secara langsung dengan Presiden Joko Widodo.

“Tidak terpenuhnya target tersebut dikarenakan adanya panemi covid-19 selama ini,” kata Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Magelang, Triyono.

Ia mengaku bahwa sebenarnya jumlah Sertipikat target 35.172 semuanya itu sudah selesai sejak bulan Juni 2020 kemari. “Wilayah Magelang ini termasuk nomor 1 prosesnya. Namun karena kondisi covid dan menunggu Bapak Presiden membagikan sertipikat, maka kita tunda sampai dengan hari ini,” imbuhnya.

Dalam acara peneyerahan sertipikat tersebut, piKami telah membagikan sertipikat untuk 4 desa yaitu Desa Kragilan, Desa Gumelon, Desa Ketundan, dan Desa Kenalan. “Kami menargetkan pembagian sertipikat tanah selesai dalam Minggu ini,” tandasnya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengungkapkan, penyerahan sertipikat sangat besar artinya bagi kepastian dan perlindungan hukum. Tentunya sekaligus sebagai salah satu bukti otentik atas penguasaan hak atas tanah.

Kepemilikan sertipikat tanah tidak sekedar terpenuhinya syarat administrasi dan bukti secara formil saja, namun juga menjadi jaminan kepastian hukum.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Kepada Bapak Presiden Joko Widodo kami haturkan terimakasih atas program penyerahan sertipikat tanah ini. Untuk kantor pertanahan Kabupaten Magelang kami juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan program penyerahan 1 juta sertipikat ini,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada para penerima sertipikat tanah untuk bisa menyimpannya secara baik-baik dan mempergunakannya secara bijak. “Ya seperti salah satunya sebagai jaminan di bank untuk pinjaman modal dan lain sebagainya,” tutupnya.

Sementara secara virtual, Presiden Joko Widodo menyerahkan Sertipikat tanah kepada masyarakat se-Indonesia. Namun demikian kali ini dalam jumlah cukup besar dengan total 1 juta sertipikat tanah yang dibagikan.

“Hari ini saya membagikan satu juta sertipikat tanah pada masyarakat di 31 provinsi dan 201 Kabupaten dan Kota. Satu juta sertipikat adalah jumlah yang sangat besar sekali,” kata, Jokowi.

Jokowi mengatakan, dalam berbagai kesempatan ia selalu turun langsung membagikan sertipikat tanah dengan alasan masih sangat banyak konflik di daerah terkait masalah pertanahan.

“Setiap saya ke desa, kampung, keluhan yang masuk ke saya adalah banyak tanah yang belum tersertipikat sehingga di lapangan banyak sengketa dan konflik tanah,” pungkasnya. (bsn)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: