Puluhan Rumah di Pakis Rusak Usia Diterjang Puting Beliung

BNews—PAKIS— Angin puting beliung melanda kawasan lereng merbabu Minggu dini hari (17/11). Akibatnya puluhan rumah mengalami kerusakan pada bagian atapnya.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan kejadian angin kencang tersebut terjadi di kawasan Desa Ketundan Kecamatan Pakis sekitar pukul 03.00 wib. “Kejadian angin puting beliung tersebut melanda di beberapa Dusun disana. Akibatnya terdapat puluhan atap rumah warga mengalami kerusakan karena diterjang angin kencang tersebut,” katanya (18/11).

Untuk data kerusakan di Desa Ketundang yakni Dusun Kiyudan terdapat 45 rumah rusak ringan, Dusun  Kecitran terdapat 12 rumah rusak ringan. Ada pula di Dusun Krembyungan terdapat 8 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak sedang, serta di Dusun Semampiran terdapat 11 rumah rusak ringan.

“Untuk total kerusakan rumah akibat angin kecang di Desa Ketundan Kecamatan Pakis yaitu 76 Rumah Rusak Ringan dan 1 Rumah Rusak Sedang,” imbuhnya.

Edi juga menjelaskan untuk kronologi bencana alam angin kencang tersebut yakni, angin kencang terjadi sejak pukul 03.00 wib hingga Minggu siang. “Berdasarkan laporan dari masyarakat, angin kencang terjadi sejak pagi sampai dengan siang hari ini (17/11). Dampak dari kejadian angin kencang tersebut beberapa rumah mengalami rusak ringan-sedang pada bagian atap dan genteng berhamburan,”paparnya.

Untuk menanggulangi kejadian tersebut, Petugas BPBD Kabupaten Magelang bersama relawan dan warga setempat melakukan pembenahan secara bergotong royong. “Setelah dilakukan pendataan, tim gabungan lakukan kerja bakti bersama dan koordinasi lanjutan kepada pemerintah setempat,” pungkasnya. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: