Puncak Wabah Covid-19 di Indonesia Mencapai Puncaknya Enam Pekan Lagi

BNews—NASIONAL— Wabah Covid-19 di Indonesia diprediksi akan mencapai puncaknya pada 5-6 pekan mendatang. Hal ini langsung diantisipasi oleh tim gugus tugas penanganan Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengaku pemerintah sudah mengantisipasi puncak pandemi virus corona di Indonesia. Termasuk kesiapan alat pendeteksi corona metode swab dahak alias Polymerase chain reaction (PCR).

“Kementerian BUMN telah mendapatkan 18 unit PCR, yang mana bisa meningkat menjadi bisa 9.000 tes per hari,” ujar Doni usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Senin (13/4).

Sejauh ini, sebanyak 27 ribu orang di Indonesia telah menjalani tes PCR. Jokowi sudah meminta Kemenkes dan bantuan Gugus Tugas agar Indonesia bisa melakukan tes hingga 10 ribu per hari.

“Ini memang perlu kita upayakan secara maksimal, karena masa puncak di Indonesia adalah 5-6 minggu yang akan datang,” tutur Doni.

Doni menegaskan, Gugus Tugas juga sudah menerima sejumlah permintaan dari swasta yang bekerja sama dengan BUMN untuk peningkatan tes PCR. Langkah ini sudah didukung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Sudah mendapatkan dukungan dari Menkes untuk memanfaatkan salah satu pihak di Beijing Institute yang nantinya akan back up peningkatan kapasitas PCR di negara kita,” ujar Doni.

Sebelumnya, Jokowi menyambut baik Kementerian BUMN yang sudah menyediakan alat tes PCR. Ia berharap alat tersebut bisa segera digunakan untuk mendeteksi corona. (wan/jar)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: