Pusat Oleh oleh di Candi Pawon Terus Bertahan

BNews-BOROBUDUR— Pusat wisata Candi Borobudur memang terbanyak di area sekitaran candi. Namun ada sebuah candi yang tidak jauh dari pusat keramaian juga terkena dampak positifnya.

Candi Pawon yang berlokasi di Dusun Brojonala Desa Wanurejo Kecamatan Borobudur ini berlokasi sekitar 2 km dari Candi Borobudur. Kendati tidak berada di pusat keramaian wisata, atau di Candi Borobudur, Namun sudah cukup mampu memberikan pengaruh kesejahteraan warga sekitar.

Salah satu pedagang souvernir oleh-oleh dan kerajinan cinderamata di Candi Pawon, Muryati, mengaku terbantu dengan keberadaan Candi Pawon. “Sudah dagang disini 30 tahun lebih. Meski tidak setenar Candi Borobudur tapi selalu ada wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang dan berbelanja di Candi Pawon,” katanya.

Di Dusun Brojonalan saat ini juga tumbuh subur Home Stay atau rumah singgah yang dikelola oleh warga setempat.”Sekitar lima tahun lalu hanya ada satu home stay. Saat ini sudah tumbuh sepuluh home stay milik warga. Ditambah letak Candi Pawon tidak begitu jauh dari Candi Borobudur, membuat home stay di Dusun Brojonalan menjadi pilihan para wisatawan,” ungkap Ketua Pemuda Dusun Brojonalan, Zulfa Sodik.

“Cukup mendongkrak perekonomian warga Dusun Brojonalan, yang kini sudah turut membuka dan mengelola home stay sendiri,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: