Ratusan TKI Mudik ke Magelang Saat Pademi Covid-19

BNews–MUNGKID– Di tengah pademi virus corona (Covid-19), ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kembali ke Magelang. Catatan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Magelang sudah ada ratusan orang, sejak kemarin (17/4/2020).

Kepala Disperinaker Kabupaten Magelang mencatat sebanyak 361 orang TKI dari sejumlah negara yang kembali ke Kabupaten Magelang. “Jumlah tersebut dikeluarkan sejak Januari hingga awal April 2020. Mereka kembali ke sejumlah Kecamatan di Magelang,” ungkap, Sukamtono.

Para TKI yang mudik ke Magelang tersebut diambil alih oleh Dirjen Keimigrasian. “Mereka dijemput di pintu-pintu masuk, salah satunya di Bandara A Yani Semarang,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa saat di pintu masuk mereka langsung menerima pemeriksaan awal ( screening ) sesuai protokol penanganan Covid-19. “Setelah di- screening , secara umum hasilnya negatif (nonreaktif) semua. Hanya untuk tindak lanjut dan menenteramkan masyarakat, mereka tetap kami minta lakukan isolasi atau karantina secara mandiri,” jelasnya.

Sukamtono mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan satgas percepatan penanganan Covid-19 di desa masing-masing. “Ini juga termasuk dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades), untuk melakukan pengawasan dengan menggunakan dana desa,” pungkasnya. (*/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: