Ribuan Pelajar di Jateng Akan Dapat Dana Bantuan Siswa Miskin

BNews—JATENG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan dana untuk Bantuan Siswa Miskin (BSM) di Jateng tahun 2020 mencapai 10 miliar. Diketahui jumlah tersebut sama seperti tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Disdikbud Provinsi Jateng, Padmaningrum. ”Masih sama seperti tahun lalu, di mana total dana BSM di angka Rp 10 miliar,” paparnya, dikutip dari Tribunjateng.com

Untuk penerima, ia menyebut, jumlah siswa yang akan mendapatkan bantuan masih sama seperti tahun sebelumnya. ”Alokasinya untuk 10 ribu siswa dengan nominal setiap siswa Rp 1 juta,” ucapnya.

Lanjutnya, untuk pencairan masih dalam tahap pembahasan bersama Pemprov Jateng. ”Jadwalnya masih kami bahas, namun BSM masih ada di tahun ini,” tambahnya.

Sementara untuk skema pemberian program BKM ini, Pemprov Jateng berencana mengolakasikan lebih besar kepada sekolah swasta. Hal tersebut untuk meringankan beban sekolah swasta di tengah kondisi pandemi Covid-19.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Sebab adanya pandemi Covid-19 ini, sangat berdampak pada perekonomian sekolah swasta. Di mana banyak sekolah swasta mengalami minus dalam hal pengelola keuangan. Hal itu dikarenakan banyak wali murid tak membayar biaya sekolah karena perekonomiannya juga terimbas Covid-19.

Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Swasta Kota Semarang, Untung Cahyono, juga mengakui hal tersebut. “”Sekolah swasta sangat terdampak adanya pandemi, karena pengelola keuangan harus ditanggung sendiri termasuk gaji guru,” paparnya.

Lanjutnya, wacana terkait pengalokasian 70 persen dana BSM ke sekolah swasta ini mejadi angin segar. ”Selama ini alokasi terbesar ke sekolah negeri, adanya wacana tersebut tentunya sangat kami tunggu,” katanya.

Ia menuturkan, adanya wacana beberapa bantuan termasuk BSM ini, menunjukan bahwa pemerintah sangat memperhatikan sekolah swasta. ”Bahkan ada wacana bantukan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk sekolah swasta juga ditambah. Kami sangat bersyukur, pemerintah ikut hadir dalam mencerdaskan bangsa bersama kami,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: