Rp 3,3 Triliun Dana Hibah Kemenparekraf Akan Disalurkan Ke Pelaku Pariwisata

BNews–NASIONAL– Tingkatkan geliat pariwisata di Indonesia, dana hibah dikucurkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dimana dana hibah sebesar Rp 3,3 Triliun akan disalurkan kepada para pelaku pariwisata.

Menterin Pariwisata dana Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan dana hibah tersebut merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional.Ia berharap dana hibah pariwisata ini bisa membantu pemerintah daerah (pemda) yang saat ini mengalami penurunan pendapatan. Khususnya Pedapatan asli daerah (PAD) dan gangguan finansial akibat perebakan virus corona.

“Melalui hibah pariwisata diharapkan industri dapat terbantu untuk meningkatkan kesiapan destinasi dalam penerapan protokol kesehatan. Prokes itu disingkat 4K, yakni kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan. Atau kita menyebutnya CHSE atau cleanliness, health, safety, and environmental sustainability,” katanya Rabu (21/10/2020). Dikutip Vhoa.

Dengan adanya berbagai perbaikan, terutama penerapan protokol kesehatan di berbagai destinasi wisata di tanah air, diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan wisatawan. Sehingga secara perlahan namun pasti dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Dana hibah ini, kata Wishnu, akan diserahkan melalui mekanisme transfer dana tunai ke para pelaku bisnis di sektor pariwisata dan pemerintah daerah di 101 kabupaten/kota. Hal itu dengan berdasarkan beberapa kriteria.

“Yaitu ibu kota 34 provinsi, berada di 10 destinasi wisata prioritas dan lima destinasi super prioritas, daerah yang termasuk calender of events, destinasi branding. Juga daerah dengan pendapatan dari pajak hotel dan restoran minimal 15 persen dari total pendapatan asli daerah (PAD) tahun anggaran 2019,” jelasnya.

Nantinya, dana hibah ini akan ditransfer ke daerah sebesar 70 persen untuk hotel dan restoran berdasarkan data realisasi pajak hotel dan pajak restoran (PHPR) tahun 2019 di pemda masing-masing.

Loading...

Sedangkan, 30 persen akan diberikan kepada pemda untuk penanganan dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi. Hibah pariwisata ini, ujarnya, akan disalurkan hingga Desember 2020. (*/her)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: