Ruangan di Kantor BPN Klaten Kebakaran, Arsip-arsip Penting Diklaim Aman

BNews—KLATEN— Kebakaran terjadi di salah satu ruangan yang berada di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten pada Sabtu (22/5/2021) sore. Api tersebut menghanguskan ruangan itu termasuk beberapa peralatan yang berada di dalamnya.

Sekitar 20 anggota Damkar Klaten diterjunkan dalam pemadaman kebakaran tersebut. Proses pemadaman api juga dibantu PMI, SAR, BPBD, TNI/Polri, dan relawan.

“Sekitar jam 17.57 WIB kami menerima laporan dari masyarakat bahwa di gedung arsip BPN terjadi kebakaran,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten Joko Hendrawan, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Klaten, Agung Taufik Hidayat memastikan tidak ada dokumen penting yang terbakar dalam peristiwa tersebut.

“Jadi yang terbakar itu ruang petugas ukur, yang terbakar ada peralatan komputer, laptop, dan ada alat ukur sebagian,” ujarnya.

Ia juga menampik adanya surat ukur tanah yang terbakar, termasuk data calon penerima ganti rugi lahan jalan tol Solo-Jogja.

”Tidak ada, aman jalan tol. Sertifikat di bawah, di lantai satu, jadi beda ruangan (dengan ruangan yang terbakar), dan semua kalau komputer terbakar server kan di pusat, data kami ada di server di pusat. Jadi walaupun data filenya di komputer itu hilang tetapi secara ‘online’ masih ada digitalnya,” katanya.

Sementara itu, menurut dia pada saat kejadian ruangan tersebut dalam kondisi kosong. Sedangkan mengenai total kerugian sejauh ini belum dapat diperkirakan.

“Ya kami belum bisa menaksir berapa kerugiannya. Mungkin besok bisa kami sampaikan,” katanya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: