Rumah Kades Ngrajek Dijadikan Salah Satu Lokasi Pengungsian Merapi

BNews–MUNGKID– Inisiatif Kepala Desa Ngrajek, Muhammad Rizky menjadikan rumahnya tempat pengungsian merapi patut diapresiasi. Dimana rumahnya dijadikan tempat mengungsi sebagian warga dari Desa Keningar Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

“Kami dari desa Ngrajek menyiapkan empat lokasi, tapi untuk saat ini kami baru siap dua lokasi dikarenakan jumlah pengungsi kurang lebih hanya 200 orang. Lokasi pertama menggunakan rumah saya sendiri sekaligus sebagai gudang logistik, kemudian yang kedua kami menggunakan Gedung SD Negeri Ngrajek 1,” katanya (8/11/2020).

Lanjut Rizky, apabila nantinya terjadi kekurangan tempat maka pihaknya juga telah mempersiapkan gedung sekolah Mi Maarif dan Aula Pondok Pesantren Al Muktakin Ngrajek.

“Kami sudah berkoordinasi sebelumnya dengan kepala sekolah masing-masing dan beliau dengan senang hati akan membantu,” katanya.

Sebagai persiapan logistik, Rizky menjelaskan sebagian besar sudah datang dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Magelang. Sementara sebagian lagi dari Desa Keningar sendiri dan Desa Ngrajek seperti peralatan masak, watertoren, dan penerangan.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada anggaran kas desa Ngrajek yang khusus digunakan pengungsian tersebut karena sifatnya sangat mendadak.

“Jadi dana yang kemarin untuk OPRB terus terang saja tersita untuk penanganan Covid-19 dan BLT. Cuma ada dari swadaya masyarakat. Tetapi tidak menutup kemungkinan kedepan kita bisa menggunakan kas desa sambil melihat kondisi lebih lanjut” ungkapnya.

Loading...

Untuk diketahui bahwa, sebelumnya Desa Keningar sendiri merupakan sister village (desa bersaudara) dari Desa Ngrajek yang sebelumnya telah memiliki kesepakatan bersama untuk saling membantu dan bergotong royong manakala terjadi bencana erupsi Merapi. (*)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: