Salut Empat Bocah Ini Tekuni Seni Pewayangan

BNews-MUNGKID- Pentas wayang kulit dengan dalang bocah memeriahkan rangkaian Pameran Akbar Semarak Gemilang dan Gebyar Pendidikan 2017 di Pendopo lapangan Drh.Soepardi Sawitan Kota Mungkid hari ini (24/8). Sebanyak empat dalang bocah secara bergantian mementaskan wayang kulit dengan lakon yang berbeda-beda.

PLT Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Haryono melalui Kabid Kebudayaan Slamet Achmad Husain menerangkan pentas dalang bocah ini masih dalam satu rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 72. “ Sebanyak empat anak yang menjadi dalang berasal dari solo satu anak dan dari Magelang tiga anak,” katanya.

Salah satunya seoarang anak berumur 12 tahun yakni Nizar Ahnaf Dhai Fulhaq siswa SD N Somokaton 2 Ngluwar ini mementaskan frahmen dengan lakon Aji Norontoko selama satu jam. Anak yang berasal dari sanggar Wira Budaya Desa Jamus Kecamatan Ngluwar Magelang ini dengan lincahnya memainkan wayang kulit dihadapan ratusan penonton.

“ Saya belajar wayang kulit di sanggar sudah dua tahun, dengan latihan seminggu tiga kali yakni hari Rabu, Sabtu dan Minggu,” ungkap Nizar sapaan anak tersebut.

Dia juga mengaku sangat senang menjadi dalang wayang kulit ini karena cita-citanya menjadi dalang kondang kelak kalau sudah dewasa. “ Saya sering pentas di acara merti dusun, tanggapan hajatan atau tasyakuran juga ya lebih 10 x saya sudah pentas maksimal 3 jam tiap pentasnya,” imbuhnya.

Anak yang baru kelas 6 SD ini beralamatkan di Dusun Banar Desa Somokaton Kecamatan Ngluwar ini patut diapresiasi bersama dalang-dalang bocah lainnya. Di era perkembangan jaman ini kita harus tetap memupuk nilai kebudayaan jawa. (BSN)

2 Comments
  1. Paijo says

    Kereeeen

  2. ANeroIrrargo says

    Four to five associated with this juice have to be consumed each week to get the desired result. Once you discover the most effective natural treatments, you can once more have full control of your sexual pleasures.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: