Sambut Waisak 2024, Walubi Gelar Baksos Pengobatan Gratis di Borobudur Magelang

BNews—MAGELANG— Dalam rangka menyambut Waisak 2568 BE/2024 M, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) bekerja sama dengan berbagai pihak menggelar bakti sosial pengobatan gratis. Kegiatan dilaksanakan di Taman Lumbini, Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu-Minggu (18-19/5/2024).

Ketua II DPD Walubi Jawa Tengah, Tanto Soegito Harsono mengungkap bahwa layanan pengobatan gratis ini ditujukan untuk membantu warga yang membutuhkan. Di tahun ini, target peserta sebanyak 10.000 orang.

“Tapi, setelah adanya BPJS (kesehatan), kita nggak pernah mencapai 10.000, walaupun kita pernah 20 tahun yang lalu sampai 20.000,” ungkapnya usai pembukaan bakti sosial kesehatan, Sabtu (18/5/2024).

Dia menyebut, pada kegiatan pengobatan gratis ini melibatkan 160 dokter. Di antaranya berasal dari kalangan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Kepolisian, dokter RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, RST Dr Soedjono Magelang dan RS Suci Paramita Balaraja Tangerang.

Kegiatan ini dibantu ratusan tenaga kesehatan. ”Ada juga lima dokter dari Singapura,” imbuhnya.

Wakil Ketua Panitia Waisak Nasional, YM Bhikkhu Dhammavuddha Thera, berharap, kegiatan baksos kesehatan gratis ini bisa membantu meringankan penderitaan atas penyakit yang dari masyarakat.

“Sang Buddha bilang, penyakit adalah merupakan suatu penderitaan di dalam hidup. Melalui kegiatan baksos seperti ini semoga semua penyakit-penyakit dapat disembuhkan,” harapnya.

Salah satu peserta baksos pengobatan gratis, Mahmudah (38) mengaku mengikuti kegiatan tersebut karena ingin memeriksa tangannya yang sering mengalami kesemutan.

”Sebelumnya saya juga pernah ikut (baksos pengobatan gratis). Dulu cabut gigi di poli gigi. Kegiatan ini bermanfaat sekali, bisa membantu masyarakat,” kata warga Desa Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang ini. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!