Satpol PP Razia Kos Kosan di Kota Magelang

BNews—MAGELANG SELATAN—Razia kos-kosan yang digelar tim gabungan Satpol PP Kota Magelang, Polres Magelang Kota dan TNI, Jumat pagi (22/11), diduga bocor. Tidak seperti biasanya, kali ini puluhan petugas tidak mendapati satupun pasangan tidak resmi.

Beberapa anggota Komisi A DPRD Kota Magelang juga terlihat mengikut razia kos. Pantauan langsung di lapangan, razia yang dilaksanakan pukul 06.00 WIB itu digelar di tiga titik kos-kosan kawasan Magelang Selatan. Diantaranya Primair Kopti Jalan Beringin VI dan Griya Kos Tidar Indah Jalan Tidar Campur.

Operasi rutin itu dimulai dari Primair Kopti. Ketika petugas datang, sebagian kamar terlihat sudah kosong. Tidak percaya, petugas sampai mengetuk pintu, menjebol jendela hingga memanjat ventilasi kamar.

Selain benar-benar sudah ditinggalkan penghuni kamar, mereka yang tersisa mampu menunjukkan kartu identitas. Kondisi serupa ternyata juga terjadi di Griya Kos Tidar Indah dan sebuah kos tak bernama yang tidak jauh dari kos kedua tersebut.

Terkait petugas yang ’gigit jari’ lantaran tidak menemukan satupun penghuni yang melanggar Perda, Satpol PP membantah razia kali ini bocor. Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Pranggana berdalih, fenomena ini dimaknai sebagai mulai timbulnya kesadaran masyarakat. Meskipun belum semuanya.

”Saya rasa ini tidak bocor. Karena razia yang kami gelar dilakukan spontan,” sanggah Singgih.

Singgih menanggapi razia yang hari ini hanya menyasar kos-kosan umum. Itupun terbatas di kawasan Magelang Selatan. Padahal, ada banyak kos hingga losmen di Magelang Tengah dan Magelang Utara.

”Memang disetiap kegiatan razia kami random (acak). Karena dari tiga kecamatan, Magelang Selatan adalah yang paling rawan pelanggarannya,” ujar dia.

Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang, Iwan Soeratmoko menyambut baik iklim kondusifitas di Kota Magelang. Politisi PDI Perjuangan itu menilai, hal tersebut dibuktikan dari tidak adanya temuan pascarazia yang digelar di beberap tempat kos yang sebelumnya banyak ditemukan pelanggaran.

”Terkait itu (tidak ada penghuni yang diamankan) justru saya malah senang. Kalo bocor, enggak. Karena penentuan lokasi diputuskan saat breefing tadi pagi,” jelas Iwan didampingi Wakil Ketua Adi Chandra Pamungkas dan Sekretaris Atang Kustiono. (han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: