Sehari 11 Orang Meninggal Dalam Kecelakaan di Jateng, Berikut Penyebabnya

BNews—SEMARANG— Dalam satu hari rata-rata korban meninggal akibat kecelakaan mencapai 11 orang. Hal itu tercatat dalam rangkuman data kecelakaan lalu lintas di Polda Jawa Tengah sejak Januari-September 2019.

“Hasil analisa dan evaluasi menyebutkan selama Januari hingga September 2019 tercatat 3.167 orang meninggal dunia karena kecelakaan, atau rata-rata 11 orang tewas setiap hari,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ryck Amelza Dahniel usai Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi 2019, Rabu(23/10).

Advertisements


Menurutnya, selama 2019 ini sudah ada 3.167 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah. Angka yang sangat tinggi.


Sementara jumlah kejadian kecelakaan yang tercatat selama sembilan bulan terakhir itu sebanyak 9.262 kejadian atau rata-rata 71 kejadian setiap harinya. Selama tahun ini, lanjut dia, tercatat 1,5 juta pelanggaran lalu lintas.

Disebutkan, faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas tersebut ialah manusia yang tidak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, melalui Operasi Zebra Candi 2019 ini diharapkan kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas bisa meningkat. Operasi ini akan digelar selama dua pekan yakni mulai Rabu hari ini hingga 5 Oktober 2019 mendatang.

Dalam operasi ini, selain penegakan hukum juga diprioritaskan pemahaman tentang tertib lalu lintas terhadap pengendara kendaraan bermotor. Pihak kepolisian juga mengharapkan pengendara kendaraan bermotor menyiapkan berbagai kelengkapan sebelum berkendara. (bn1/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: