Sejarah Wisata Mobil VW Clasic Borobudur yang Kini Digandrungi Wisatawan

BNews–BOROBUDUR—Berawal dari sebuah hobi, komunitas pecinta mobil kuno jenis VW Camat kini menjelma menjadi sebuah industri wisata di Kawasan Borobudur yang digemari. Dulu jumlahnya hanya delapan unit. Kini sudah puluhan.

Salah satu pendirinya, Prana AJi mengungkapkan komunitasnya berkecimpung di wisata sudah berlangsung sejak empat tahun terakhir. Tepatnya 2016 silam. “Dulu awalnya coba-coba saja, dimana kita berpikir bagaimana hobi ini bisa bermanfaat dan menghasilkan,” katanya saat ditemui Borobudur News (21/2/2020).

Mereka awalnya hanya bejumlah 8 unit mobil vw melayani wisatawan di daerah Borobudur. “Kini kami sudah ada sebanyak 52 unit mobil vw cabrio,” imbuhnya.

Aji mengungkapkan keberhasilan itu buah dari kerja keras rekan-rekannya di komunitas VW Camat. Juga promosi yang gencar.

“Kita pemasaran melalui jejaring agent tour, perusahan-perusahan perhotelan, personal dan digitalisasi,” ungkapnya.

NEWS: Komunitas VW saat berada di kawasan Candi Borobudur (Foto: Istimewa)
NEWS: Komunitas VW saat berada di kawasan Candi Borobudur (Foto: Istimewa)

Kini VW Borobudur memiliki berbagai jenis paket wisata. Antara lain pertama paket Short Trip seharga Rp 350 ribu permobil, durasi perjalanan 2,5 jam, kunjungan 2 obyek wisata

Kedua paket Medium Trip seharga Rp 450 ribu permobil, durasi perjalanan 3,5 jam, kunjungan 4 obyek wisata. Ketiga paket Long Trip seharga Rp 600 ribu permobil, durasi perjalanan 6 jam, kunjungan 5 obyek wisata.

Keempat paket One Day Trip seharga Rp 850.000 per mobil, durasi perjalanan 8-10 jam, kunjungan 6 obyek wisata. Kelima Paket Sunrise Trip seharga Rp 450 ribu per mobil, durasi perjalanan 4 jam, obyek wisata sunrise dan jelakah desa.

Dan keenamm Paket Wedding seharga Rp 600 ribu per mobil dengan durasi 6 jam. “Untuk tiap mobil VW Cabrio maksimal hanya 4 orang dewasa, dan harga tersebut baru paket mobil saja belum termasuk konsumsi dan tiket obyek wisata,” terang Aji.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Bagi wisatawan juga sediakan caping jika kepanasan, masker dan air mineral,” imbuhnya.

Untuk keistiweaan paket ini adalah, wisatawan bisa memiliki tempat wisatanya sendiri yang lokasinya sudah disediakan beberapa jenis. Mulai dari dari wisata budaya yakni di Candi Borobudur, Candi Pawon dan Candi Mendut.

Ada juga wisata alam yang bisa dipilih antara lain pereng duwet, gereja ayam, jelajah desa, bukit barede dan bukit rhema. Wisata Edukasi antara lain kerajian gerabah, gamelan jawa, kerajinan batik, pembuatan tahu, penangkaran lebah madu dan pemprosesan kopi.

Untuk wisata Balkondes bisa pilih dari 19 Balkondes yang ada dengan ciri khas masing-masing. “Wisatawan juga bisa memilih wisata luar Borobudur, namun harus menyesuaikan waktu perjalanan hingga bisa memilih paket. Biasanya kalau ini pake yang long trip atau one day trip,” paparnya.

Saat ini paket vw wisata memiliki kantor pemasaran di Jalan Brojonalan Wanurejo Borobudur, jalan menuju arah Candi Borobudur. “Biasanya paling rame itu sabtu-minggu, dan sistemnya harus boking dulu sebelumnya. Ya minimal satu hari sebelumnya menghubungi kami di nomor 0812-1582-0558,” ungkapnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Disebutkan selama ini mereka memang terdapat beberapa kendala dalam bisnis ini. “Kendala ya ada, misal tamu banyak kekurangan unit mobil VW nya, untuk mengatasinya kita gandeng komunitas lainnya. Setahu saya di Magelang ada 4 komunitas paket wisata vw, yang di Borobudur sendiri ada 3 komunitas,” ujarnya.

“Kalau soal teknis ya misal mobil mogog, namanya mobil tua yang harus sabar karena onderdilnya terkadang susah. Namun paket kita kebanyakan di jalur aman, karena jalan datar saja. Dan SOP nya kita terus berjalan berdampingan dengan jajaran satlantas setempat,” terang Aji.

Aji berharap kedepan lebih mampu memperluas jaringan rekanan. “Ya biasanya ramai hanya sabtu-minggu, jika perluas jaringankan bisa ramai juga hari-hari biasa,” harapnya.

“Kedepan juga rencana akan lakukan sertifikasi kepada pengemudi dan mobil secara internal. Dengan tujuan lebih memaksimalkan pelayanan kami kepada wisatawan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: