Sejumlah Kepala Sekolah Tingkat SD dan SMP Dilantik, Ini Pesan Bupati Magelang

BNews–MAGELANG– Sejumlah Kepala Sekolah Dasar dan SMP dilantik oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin kemarin (15/12/2021). Pelantikan tersebut dilaksanakan melalui zoom meeting dari Rumah Dinas Bupati Magelang.

Zaenal Arifin dalam sambutannya menekankan, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007; tentang standar Kepala Sekolah/Madrasah, sosok seorang Kepala Sekolah dituntut untuk mampu memahami komponen-komponen; kompetensi yang dibutuhkan seperti kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial.

Dengan kompetensi yang memadai, diharapkan seorang Top Manajer di sebuah institusi pendidikan dapat memaksimalkan segenap potensi dan sumber daya yang ada; sehingga tujuan pendidikan nasional yaitu menciptakan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cakap dan berilmu, bisa tercapai.

Terlebih lagi di masa pandemi saat ini, di mana proses kegiatan belajar-mengajar masih harus mematuhi Protokol Kesehatan, maka para pimpinan lembaga pendidikan harus mampu membangun atmosfir pendidikan yang berkualitas, namun tetap komunikatif, variatif, tidak menjemukan, serta memastikan bahwa peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran sesuai dengan target pada setiap jenjang pendidikan yang diikutinya.

“Untuk itu, Kepala Sekolah dan pimpinan lembaga pendidikan harus mampu menularkan semangat perubahan kepada guru; siswa dan orangtua secara cepat dan tepat dengan cara merancang satu kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi informasi, selaras dengan kebutuhan zaman serta mendorong tumbuhnya ide, inovasi serta kreatifitas dari para peserta didik,” tandas, Zaenal.

Untuk diketahui, jumlah Kepala Sekolah SD dan SMP yang dilantik sebanyak 142 orang yang terdiri dari 125 Kepala sekolah SD dan 17 Kepala Sekolah di tingkat SMP.

Kepada pejabat atau Kepala Sekolah yang baru saja dilantik, Zaenal berpesan untuk segera mengenal lingkungan kerja; dan segera beradaptasi dengan tugas dan fungsi yang baru.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurutnya, kunci keberhasilan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah suksesnya pendidikan, dan keberhasilan pendidikan; yang ditentukan oleh multi faktor saling terkait, seperti kinerja Kepala Sekolah, partisipasi orang tua, masyarakat, Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Dan diantara faktor-faktor tersebut, Kepala Sekolah, memegang peran yang sangat menentukan.

“Saudara sekalian bisa terjemahkan apa yang saya sampaikan ini dalam kontek pelaksanaan tugas saudara nantinya,” pungkasnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: