Sejumlah Relawan di Magelang Diberi Pembekalan dan Pelatihan Pemakaman Jenazah Covid-19

BNews—MAGELANG— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menggelar pembekalan dan pelatihan pemakaman jenazah Covid-19. Kegiatan dilaksanakan di kantor BPBD Kabupaten Magelang pada Senin (12/7/2021).

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, kegiatan itu untuk melatih tim yang nantinya akan membantu memakamkan jenazah Covid-19.

”Tim ini terdiri dari beberapa relawan dengan jumlah 25 orang yang ditetapkan sebagai tim pemakaman Covid-19 Kabupaten Magelang. Sebenarnya tim ini sudah ditetapkan beberapa waktu lalu,” kata dia, Senin (12/7/2021).

”Karena kasus (meninggal) cukup naik, agar tim ini bisa segera beroperasional dan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan, maka hari ini dilakukan pelatihan dan pembekalan,” sambungnya.

Dia menjelaskan, tim tersebut nantinya akan membantu dalam pemakaman jenazah Covid-19 yang meninggal bukan di rumah sakit. Contohnya, pemakaman pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal saat isolasi mandiri atau di fasilitas kesehatan lain di luar rumah sakit.

”Misalnya, ada kejadian meninggal di rumah, yang berperan yaitu dari desa. Kami membantu desa melalui tim ini. Jadi tim ini nanti juga bisa bekerjasama dengan desa,” jelasnya.

Kepala Seksi Penunjang Non Medis, RSUD Merah Putih Kabupaten Magelang, R. Bambang Sulistiyono menambahkan, sejak bulan Juni 2021 lalu, kasus meninggal Covid-19 cukup meningkat.

”(Akhir-akhir ini) hampir setiap hari ada yang meninggal. Sebelum bulan Juni itu, kadang satu, ya tidak mesti setiap hari. Tapi setelah Juni 2021, kita mengindikasikan ada peningkatan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, dengan adanya tim pemakaman jenazah Covid-19, pihaknya merasa sangat terbantu. ”Sebelum ada tim ini, kita juga melayani permintaan (pemakaman) dari desa tapi hal itu juga tergantung kemampuan dari kita. Kita kadang 24 jam tidak istirahat,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: