IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Sektor Wisata dan UKM di Jateng Jadi Prioritas Tahap Recovery Corona

BNews–JATENG– Wabah Covid-19 telah mematikan dunia pariwisat dan industri UKM di Jawa Tengah. Hal itu membuat Pemprov Jawa Tengah telah menyiapkan skema pemulihan keduanya menjadi prioritas.

Hal itu diungkapkan Gubernur Ganjar Pranowo ketika ditanya Presiden Joko Widodo saat Musrenbangnas 2020 untuk Rencana Kerja Pemerintah 2021 dengan sejumlah menteri kabinet dan kepala daerah, kemarin.

Dalam Musrenbangnas lewat video conference itu, Jokowi memerintahkan seluruh kepala daerah segera melakukan penghitungan dan pemetaan skala prioritas pasca corona.

“Setelah pandemi ini berakhir, persiapan yang harus dilakukan tahun depan adalah recovery. Saya minta gubernur, bupati/wali kota segera mengidentifikasi betul sektor apa yang paling terdampak parah dan segera lakukan tindakan pemulihan,” ucapnya.

Jika ada sektor yang diperkirakan akan kesulitan untuk pulih, maka harus diberikan intervensi.

“Tentukan sektor prioritas yang harus segera direcovery. Tentunya, sektor prioritas itu yang paling terdampak akibat wabah Covid-19 ini,” lanjutnya.

Selain soal recovery, Jokowi juga mengatakan bahwa Covid-19 merupakan momentum untuk melakukan reformasi. Untuk itu, pihaknya mengambil tema Musrenbang 2020 Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial.

Loading...

“Ada beberapa hal yang harus dilakukan, yakni pemulihan industri, pariwisata, investasi, reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi sistem jaringan pengaman sosial dan reformasi sistem ketahanan bencana. Kita harus mereformasi itu agar kelak bisa lebih siap menghadapi bencana seperti saat ini,” tandasnya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan akan memprioritaskan recovery UKM dan sektor pariwisata. Menurutnya, dua sektor itu yang paling terdampak akibat wabah Covid-19.

Selain sektor UKM dan pariwisata, perhatian lain juga akan dititikberatkan pada sektor investasi. Mengingat investasi yang direncanakan masuk ke Jateng beberapa waktu lalu menjadi tertunda. (wan/nan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: