Forum Pimpinan Perguruan Tinggi di Magelang Sepakati Program Eduwisata

BNews–KOTA MAGELANG– Diskusi Pendidikan Tinggi dan Penandatangan Nota Kesepahaman digelar oleh UNTIDAR Magelang (15/10/2020). Mereka yang hadir dan turur serta adalah para Pimpinan perguruan tinggi wilayah Magelang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Multimedia, Universitas Tidar. Beberapa pimpinan perguruan tinggi di Magelang hadir termasuk  Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Mukh Arifin, M.Si selaku tuan rumah.

Hadir juga  Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han).; Direktur Akademi Teknik Tirta Wiyata, Suparto Edi Sucahyo, S.E., S.T., M.T.; Ketua STIMIK Bina Patria, Dr. Sukris Sutiyatno, M.M., M.Hum.; Wakil Direktur II Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, drh. Yudiani Rina Kusuma, M.P.; dan Ketua Perwakilan Jurusan Kebidanan Magelang, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Sri Widatiningsih, M.Mid.

“Acara ini merupakan kesempatan pertama bagi para pimpinan perguruan tinggi di wilayah Magelang dapat bertemu. Kita bisa bersilaturahmi dan menjalin kerjasama dalam melaksanakan Tri Dharma Pendidikan,” ujar Rektor UNTIDAR, Mukh Arifin.

Beberapa tahun terkahir, banyak siswa SMA yang mengadakan kunjungan di UNTIDAR. Apakah bisa suatu hari nanti jika ada kunjungan tidak hanya di 1 kampus tapi melibatkan kampus lain.

“Hal ini misal selain kunjungan di UNTIDAR peserta bisa mengunjungi museum dan perpustakaan di AKMIL lalu mengenal mengenai dunia pertanian dan peternakan di Polbangtan,” tambah Rektor.

“Pasar Rejowinangun misalnya, bisa kita jadikan sebuah obyek wisata. Masing-masing PT bisa menyumbangkan saran dalam pengembangannya,” tandasnya.

DOWLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Pada kesempatan ini, masing-masing pimpinan saling memperkenalkan diri dan memaparkan sekilas mengenai kegiatan di PT masing-masing.

“Dari pertemuan ini yang paling urgensi dari AKMIL adalah mengajak kerjasama Dosen untuk mengajar. Selain itu kami juga akan segera mempersiapkan program kerjasama lainnya seperti pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat,” tutur Gubernur AKMIL, Mayjend TNI Totok Imam Santoso.

Dalam diskusi singkat para pimpinan PT menemukan gagasan untuk membuat sebuah program eduwisata di wilayah Magelang.

Masing-masing PT menawarkan potensi masing-masing. Lalu dibuatkan sebuah paket atau program kunjungan edukasi. Selain kunjungan ke PT bisa juga mengunjungi potensi-potensi wisata di sekitar Magelang.

Pimpinan PT lain pun setuju dengan usulan ini dan akan membahas program ini lebih lanjut pada pertemuan forum berikutnya dimana UNIMMA menjadi tuan rumahnya.

Pada acara ini juga berlangsung penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara UNTIDAR dengan AKMIL, AKA TIRTA; STIMIK BINA PATRIA, dan Politeknik Kesehatan, Kemenkes, Semarang.

MoU dengan UNIMMA dan POLBANGTAN telah terselenggara sebelumnya dan kerjasama tersebut sampai saat ini masih berlaku. (*/bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: