SELAMAT !! Daftar Juara Parade Gebyar Seni Budaya Kota Mungkid 2023

BNews-MAGELANG- Sebelumnya diberitakan telah digelar Parade Gebyar Seni Budaya Kota Mungkid tahun 2023 pada (26/8/2023). Dimana ajang tersebut digelar oleh Pemkab Magelang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Acara tersebut berlangsung sangat meriah di sepanjang jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid (di depan Kantor Pemkab Magelang), Sabtu (26/8/2023).

Untuk hasil penilaian, telah didapati enam juara yang diumumkan pada Senin malam (28/8/2023).

Pengumuman tersebut sebelum acara pagelayaran wayang kulit semarak gemilang di lapangan drh. Soepardi Sawitan Kota Mungkid.

Hasilnya, untuk penampilan harapan ketiga diraih dari perwakilah Kecamatan Ngablak dengan kesenian Soreng Muda Budaya.

Kemudian harapan kedua diraih perwakilan dari Kecamatan Mungkid dengan kelompok kesenian Panji Mudo.

Lalu penyaji harapan pertama diraih perwakilan dari Kecamatan Candimulyo dengan kelompok kesenian Waras Budoyo.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Untuk penampilan terbaik ketiga atau juara tiga diraih perwakilan kecamatan Bandongan dengan kelompok kesenian bocah Wonoseni.

Dan untuk terbaik kedua, atau juara dua diraih perwakilan dari Kecamatan Muntilan dengan kelompok kesenian Surya Kawedar.

Serta untuk penampilan terbaik pertama atau juara satu diraih perwakilan Kecamatan Salaman dengan kelompok kesenian Komunitas Lereng Menoreh.

Sebelumnya disampaikan, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya; kepada segenap panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan Parade Gebyar Seni Budaya dalam bentuk Karnaval Budaya ini.

Ia memandang kegiatan ini merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam turut mendukung pengembangan serta pelestarian adat; tradisi, budaya daerah dan kearifan lokal sebagai warisan leluhur yang harus selalu dirawat dan dipertahankan.

“Semoga kegiatan ini bisa menambah semarak dan semangat kita dalam memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI,” kata, Zaenal Arifin.

Untuk diketahui, Parade atau Karnaval Budaya tingkat Kabupaten Magelang ini akan menampilkan berbagai potensi; unggulan di Kabupaten Magelang, baik potensi budaya, ekonomi, kelembagaan, kesenian, pendidikan maupun potensi unggulan lainnya.

Menurut Zaenal, kearifan lokal merupakan aset yang sangat berharga dan bisa menjadi investasi untuk masa depan. Kebudayaan Kabupaten magelang yang merupakan bagian dari kebudayaan nasional harus tetap dijaga dan dilestarikan di tengah perubahan global yang pesat; yang mana bisa mengancam identitas bangsa dan negara.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lebih-lebih, Karnaval Budaya ini tidak hanya menjadi ajang perayaan hiburan semata, tetapi juga untuk di jadikan momentum; kesempatan memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan lokal kepada masyarakat luas.

“Kegiatan ini juga berperan penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keragaman budaya; serta memupuk rasa saling menghormati dan toleransi antar suku dan agama. Kita semua juga berharap; even karnaval ini dapat menambah semangat kita untuk terus berkarya nyata guna membangun Kabupaten Magelang yang Sedaya Amanah,” ungkap, Zaenal.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein; dalam laporannya menyampaikan, Parade Gebyar Seni Budaya ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78.

Parade tersebut, lanjutnya digelar dalam bentuk Karnaval Budaya yang dilaksanakan di jalan Soekarno Hatta, Kota Mungkid; lebih tepatnya di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang.

“Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, Parade ini juga digelar untuk mengenang perjuangan para pahlawan negara; yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan,” kata, Husein.

Lanjut Husein, Parade Gebyar Seni ini juga bertujuan untuk melestarikan kesenian daerah serta menumbuhkan kecintaan masyarakat akan seni dan budaya asli dari Kabupaten Magelang.

“Parade Gebyar Seni Budaya ini juga diikuti oleh 21 perwakilan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Magelang ditambah organisasi masyarakat dengan total 25 peserta,” pungkasnya. (bsn)

TONTON VIDEO PESERTA PARADE GEBYAR SENI BUDAYA KOTA MUNGKID, dibawah ini :

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: