Sempat Terancam Batal, Akhirnya 3 Desa Di Magelang Akan Gelar Pilkandes

BNews–MAGELANG– Sempat teracam gagal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), tiga Desa di Kabupaten Magelang bernafas lega. Pasalnya ketiga desa ini dipastikan bisa  mengikuti gelaran pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, 6 November 2022.

Ketiga desa tersebut adalah Losari dan Tlogorejo, Kecamatan Grabag, serta Daseh, Kecamatan Pakis.

Kepastian itu diperoleh setelah Panitia Pilkades setempat menetapkan bakal calon yang terjaring dalam perpanjangan masa pendaftaran.Yakni hingga 11 Oktober 2022, lebih dari satu orang, pada Senin (24/10/2022).

Menurut Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magelang, Djoko Susilo; ada tujuh calon kades mengikuti pengundian nomor urut dan deklarasi damai.

Hasilnya, pilkades di Losari akan diikuti tiga calon. Yakni, Tri Marsudi nomor urut 1, Asnawi nomor urut 2 dan Bekti Sanyoto (sekdes) nomor urut 3. Untuk  pilkades Tlogorejo diikuti dua calon, Achmad Afifudin nomor 1 dan Sulistyo Adi nomor urut 2.

Sedangkan pilkades Daseh, muncul dua nama calon kades yakni, Wardoyo nomor urut 1 dan Dwi Sunarko (kaur keuangan) nomor urut 2. “Dari tiga pendaftar, satu di antaranya mengundurkan diri,” kata Djoko, Selasa (25/10/2022).

Sebelumnya, selama masa pendaftaran yang ditutup 6 September 2022 lalu, tiga desa tersebut hanya bisa menjaring satu balon kades yang memenuhi syarat.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Saat itu, dua dari tiga pendaftar di Desa Losari dinyatakan tidak lolos dalam seleksi administrasi. Sedang satu dari dua pendaftar di Tlogorejo dan Daseh, juga dinyatakan gugur.

Saat ini, Pemkab Magelang memastikan akan menggelar pilkades serentak di 25 desa, pada Minggu, 6 November 2022 mendatang. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!