Separo Pemuda di Magelang Bingung Tentukan Kerja atau Kuliah

BNews—SALAM— Jumlah pemuda di Kabupaten Magelang lebih dari 3.000 orang. Data ini diperoleh KNPI dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Magelang, tentunya jumlah ini setiap tahunnya terus meningkat.

 

Dari sejumlah pemuda yang ada ternyata sebagian baru menyelesaikan sekolah menengah, keadaan ini menyebabkan masih banyak pemuda yang berada dalam kebingungan untuk memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau memilih untuk bekerja. Hal ini disebabkan sebagian pemuda tidak memiliki keahlian uang cukup.

 

Guna mengurangi penambahan sumber daya pengangguran, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan DPD Komite Nasioanal Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Magelang menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda.

 

“Pelatihan yang mengambil tema “Meningkatkan Kesejahteraan Melalui Pelatihan Kewirausahaan Menuju Pemuda Mandiri” ini diharapkan mampu memberikan modal keahlian bagi pemuda Magelang untuk berani terjun dalam wirausaha,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda  dan Olahraga Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso.

 

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 24 sampai 26 Juli 2018, di Kampus SMK N 1 Salam Kabupaten Magelang. Kegiatan ini diikuti oleh 70 pemuda dari lintas Organisasi Kepemudaan di eks kawedanan Salam, Muntilan dan Mertoyudan.

 

Sementara  Ariyanto, selaku ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang menyampaikan harapannya bahwa melalui KNPI berharap pemuda mampu bersinergi dan memberikan kontribusi dalam bidang pariwisata dan olahraga. “Saya juga berharap dinas terkait dapat mebangunkan jejaring bagi pemuda yang sudah siap untuk berwirausaha,” katanya.

 

Dalam pelatihan kewirausahaan ini melakukan metode pendekatan secara teori, praktik mengolah bahan pangan dan studi kapangan ke praktisi wirausaha bidang kuliner. “Dalam kesempatan ini kami hadirkan nara sumber dari Dinas Kesehatan dan  praktisi bidang kuliner dan usaha lainnya,” pungkasnya. (bsn)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: