Seru dan Lucu Festival Ilmuwan Cilik se Magelang

BNews—MUNGKID— Ribuan anak Paud se Kabupaten Magelang berkumpul di Lapangan Drh Soepardi Sawitan Kota Mungkid (19/11). Mereka hadir dalam rangka Festival Ilmuwan Cilik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Festival ini Disdikbud Kabupaten Magelang berkerjasama dengan PP Paud Dikmas Jawa Tengah. Beberapa rangkaian acara dan perlombaan digelas Selasa pagi hingga siang.

Dengan mengangkat tema ‘Menyiapkan Generasi Unggul Sejak Dini Di Era 4.0″ Festival Ilmuwan Cilik ini diikuti sedikitnya oleh 2700 peserta. Tidak hanya mereka 100 stand penelitian yang sangat mengedukatif juga dipamerkan dalam acara tersebut.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengatakan bahwa, kegiatan Festival Ilmuwan Cilik ini sesuai yang diharapkan oleh Presiden RI. “Harapan Presiden yakni kita harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Dimana menurut Perpres itu bagaimana kita menghadirkan anak-anak yang sehat, cerdas, ceria, dan juga berakhlak mulia,” katanya saat menghadiri acara tersebut.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS UNTUK HANDPHONE KALIAN GRATIS (KLIK DISINI)

“Maka kebersamaan antara pemerintah, masyarakat dan orang tua dapat kita wujudkan melalui Festival Ilmuwan Cilik ini. Jadi holistik integratif ini, bagaimana memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak. Sehingga tidak hanya berbicara tentang pendidikan, tetapi tentunya juga sesuai dengan kelompok umur mereka,” imbuhnya.

Sementara, Bunda Paud Kabupaten Magelang, Christanti Handayani, mengungkapkan bahwa, kegiatan Festival Ilmuwan Cilik ini sesuai dengan metode ‘Steam’ (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika) dengan konsep pendekatan yang berbeda.

“Jadi anak diminta membuat karya langsung dengan konsep bermain, tetapi sebenarnya mereka sedang belajar dan melakukan sebuah penelitian,” ungkapnya.

Hal Ini menjadi salah satu metode yang dikembangkan oleh PP Paud. “Dan metode tersebut alhamdullilah di Kabupaten Magelang ini juga menjadi yang pertama kali di Indonesia,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: