Siapa Saja yang Dapat Top Up atau Tambahan Saldo Kartu Sembako ?

BNews–MAGELANG– Terdapat kabar bahagia bagi para pemegang Kartu Sembako akan terdapat top up saldo sebesar Rp300 ribu untuk akhir tahun 2021 ini.  Kartu Sembako (BPNT) sendiri merupakan salah satu program reguler dari bansos Kemensos.

Artinya, penyaluran bansos Kartu Sembako (BPNT) tidak akan dipengaruhi oleh keadaan pandemi saat ini. Karena memang ada bansos Kemensos yang bersifat kedaruratan dan hanya disalurkan selama pandemi Covid-19 seperti BST.

Kartu Sembako (BPNT) dulu juga dikenal dengan sebutan Bantuan Pangan Non-Tunai, yaitu bantuan sosial pangan yang disalurkan secara nontunai setiap bulan; kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) oleh Kemensos.

Penyaluran bansos Kartu Sembako (BPNT) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan, agar masyarakat mempunyai akses terhadap pangan yang lebih bergizi. Kabar baiknya lagi, untuk akhir tahun 2021, Kemensos akan memberikan top up saldo sebesar Rp300 ribu.

Pencairan top up saldo tambahan bansos sebesar Rp300 ribu ini sendiri telah mulai dilakukan Kemensos di bulan ini; karena itu penerima bansos Kemensos bisa mulai untuk cek ATM untuk pencairannya.

Kabar soal adanya top up tambahan tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. “Akan ada top up Kartu Sembako, ini menggunakan dana optimalisasi di Kemensos di mana November-Desember masing-masing Rp 300 ribu,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers evaluasi program PC-PEN, Selasa 26 Oktober 2021.

Tambahan saldo tambahan sebesar Rp300 ribu ini berasal dari optimalisasi anggaran di Kemensos. Top up tambahan sebesar Rp300 ribu tersebut diberikan kepada penerima bansos PKH dan Kartu Sembako (BPNT).

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dikatakan top up atau saldo tambahan karena dana Rp300 ribu ini merupakan dana tambahan dari program bansos reguler Kemensos; di mana bansos reguler Kemensos diberikan secara tetap kepada penerima.

Namun, sayangnya tidak semua penerima bansos Kemensos program PKH dan Kartu Sembako (BPNT) di Indonesia akan mendapatkan top up Rp399 ribu akhir tahun 2021 ini. Melainkan hanya penerima bansos Kemensos program PKH dan Kartu Sembako di 35 kabupaten/kota di 7 provinsi saja yang akan mendapat saldo tambahan (top up) Rp300 ribu.

Dijelaskan bahwa tujuan pemberian saldo tambahan bansos Kemensos Rp300 ribu ini adalah untuk menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem.  Jadi 35 kabupaten/kota di 7 provinsi yang dipilih sebagai sasaran wilayah top up bansos Rp300 ribu adalah wilayah dengan tingkat kemiskinan ektrem.

“Akan ada top up Kartu Sembako, ini menggunakan dana optimalisasi di Kemensos di mana November-Desember masing-masing Rp 300 ribu,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers evaluasi program PC-PEN, Selasa 26 Oktober 2021.

Tambahan saldo tambahan sebesar Rp300 ribu ini berasal dari optimalisasi anggaran di Kemensos. Sayangnya, dijelaskan juga bahwa penyaluran tambahan saldo (top up) bansos Rp300 ribu ini hanya akan ada di akhir tahun 2021, yaitu pada bulan November-Desember saja.

Berikut adalah tujuh provinsi yang bakal menerima penyaluran tambahan saldo Rp300 ribu untuk bansos Kemensos:

  • 1. Jawa Barat
  • 2. Jawa Tengah
  • 3. Jawa Timur
  • 4. NTT
  • 5. Maluku
  • 6. Papua Barat
  • 7. Papua

Wakil Menteri Keuangan Suhasil Nazara turut memberikan tanggapannya terkait penyaluran saldo tambahan Rp300 ribu untuk bansos Kemensos ini.  Penyaluran saldo tambahan bansos sebesar Rp300 ribu untuk pemegang Kartu Sembako dan penerima PKH akan dilakukan sepenuhnya oleh Kemensos.

Kemensos telah menyasar 28,8 juta keluarga yang sudah terdaftar untuk menerima saldo tambahan bansos sebesar Rp300 ribu. Sumber data penerima saldo tambahan bansos Kemensos Rp300 ribu ini adalah pemegang Kartu Sembako dan penerima bansos PKH.

Saat ini, Kemensos tengah melakukan finalisasi detail nama dan alamat dari calon penerima top up bansos Rp300 ribu ini, baik dari Kartu Sembako (BPNT) maupun bansos PKH. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: