Simak 4 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan, Jangan Sepelekan!

BNews—KESEHATAN— Saat merasa penat karena rutinitas harian yang padat, kebanyakan orang mungkin akan memilih untuk pergi berlibur. Siapa sangka bahwa ini adalah pilihan yang tepat.

Selain bisa membantu menyegarkan pikiran yang penat, liburan juga bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

Berikut adalah beberapa manfaat liburan bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

Meredakan stres

Meluangkan waktu untuk berlibur dan istirahat sejenak dari berbagai tekanan kehidupan sehari-hari bisa memberikan waktu istirahat dan tidur yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika liburan bisa membantu meredakan stres, bahkan mengurangi risiko depresi.

Bahkan, riset menunjukkan bahwa manfaat liburan ini dapat bertahan hingga 5 minggu setelah liburan. Manfaat ini juga tidak terbatas untuk liburan yang panjang. Liburan singkat dan sederhana pun bisa memberikan dampak yang besar terhadap pemulihan ketegangan dan stres yang dirasakan sehari-hari.

Meningkatkan fungsi otak

Terlalu banyak pekerjaan yang dijalani setiap hari, apalagi dengan waktu istirahat yang sedikit, dapat berpengaruh terhadap fungsi otak dan bahkan bisa menyebabkan gangguan memori. Akibatnya, Anda mungkin akan merasa sulit berkonsentrasi dan mengingat banyak hal.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan meluangkan waktu untuk berlibur, Anda dapat menyegarkan pikiran dan membantu otak berfungsi dengan baik kembali. Sehingga Anda menjadi lebih fokus, produktif, dan berenergi.

Meningkatkan kesehatan jantung

Berlibur bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi. Bahkan, dalam studi lain disebutkan bahwa liburan staycation di rumah, yang tentunya tidak memerlukan banyak biaya dan persiapan, dapat memperbaiki kontrol gula darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Memperkuat imunitas tubuh

Bekerja terlalu keras atau stres yang disebabkannya dapat membuat tubuh melepaskan hormon yang melemahkan sistem kekebalan atau imun. Akibatnya, Anda mungkin lebih mudah terkena flu atau bahkan kondisi yang lebih serius, seperti irritable bowel syndrome.

Nah, efek relaksasi dan rasa bahagia yang dirasakan setelah berlibur dipercaya dapat memperkuat sistem imun Anda. Hal ini didukung oleh studi yang mengatakan bahwa orang yang sering berlibur cenderung lebih sehat dan panjang umur. Sayangnya, manfaat liburan yang satu ini masih perlu ditelaah lebih lanjut.

Di masa pandemi seperti sekarang, ada baiknya Anda memilih liburan staycation atau relaksasi di rumah saja. Agar Anda tetap bisa mendapatkan manfaat liburan dengan optimal, sebaiknya hindari dan lupakan sejenak hal-hal terkait pekerjaan selama waktu liburan.

Jangan sampai pekerjaan masih mengusik pikiran dan membuat Anda semakin stres atau malah sakit selama liburan. Selain itu, tetaplah jaga kesehatan selama berlibur agar Anda bisa pulang dengan pikiran dan badan yang lebih segar dan lebih siap untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang.

Jika Anda tetap merasa liburan tidak dapat menyegarkan pikiran, mengembalikan produktivitas Anda, atau menghilangkan kesedihan dan kecemasan yang terus-menerus Anda rasakan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog guna mendapat solusi yang tepat. (*)

Sumber: alodokter

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: