Soreng Asal Magelang Tampil Memukau Di TMII Jakarta

BNews—MUNGKID— Siapa sangka kesenian khas Kabupaten Magelang bisa mulai merambah kancah nasional. Kesenian Soreng dari kelompok “ Wahyu Putro Budoyo”dari Dusun Karangwuni Desa Banyusari Kecamatan Grabag tampil memukau di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta akhir bulan kemarin (29/4).

 

Mereka tampil disana sebagai Duta Seni Kabupaten Magelang dengan mempentaskan Soreng dengan lakon Harya Penangsang Mbalelo. “Ini sebenarnya baru salah satu kesenian rakyat Kabupaten Magelang, sebenarnya di Magelang banyak terdapat jenis dan ragam kesenian rakyat seperti janthilan, kubro siswo, campur dan lainnya,” ungkap PJs. Bupati Magelang, Tavip Supriyanto saat ikut menyertai rombongan duta seni di Taman Mini Indonesia Indah.

 

“Kesenian rakyat di Kabupaten Magelang hngga saat ini masih terus dipertahankan dan selalu tumbuh dan berkembang, termasuk soreng juga” imbuhnya.

 

Kesenian rakyat merupakan salah satu asset nasional seklaigus asset nasional yang harus dilestarikan dan dijaga. “Produk seni budaya seperti ini tidak hanya dinikmati keindahannya semata, namun kita juga harus memahami nilai-nilai luhur yang tinggi adi luhung terkandung dalamnya,” tegas Tavip Supriyanto.

 

Diketahui bersama bahwa di Kabupaten Magelang tercatat 1000 lebih kelompok sanggar kesenian rakyat dengan jumlah anggotanya lebih dari 30.000 orang. “Dengan hal tersebut menjadikan Kabupaten Magelang menjadi Kabupaten terbanyak memiliki sanggar kesenian di Jawa Tengah,” paparnya.

 

“Maka dari itu kedepan harapan saya Kabupaten Magelang akan terus selalu berpartisipasi didalam kegiatan yang diselenggarakan oleh paguyuban Jawa Tengah di Jakarta,” pungkasnya. (bsn)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: