Sosialisasi Kangker Rahim Pakai Lagu PKK Magelang Masuk Tiga Besar

Bnews– MUNGKID— Bahaya kangker serviks pada perempuan membuat PKK Magelang terus melakukan sosialisasi pencegahan. Sosialisasi dengan media musik  dan pembuatan lagu PKK Magelang berhasil masuk tiga besar penilaian lomba Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tanti Zaenal Arifin dalam paparanya mengatakan ini merupakan wujud dari 10 program pokok PKK  bidang kesehatan. Selain itu, juga merupakan wujud peran PKK dalam mendukung program program pemerintah daerah, yakni PKK sebagai mitra pemerintah. “Sasaran iva adalah wanita usia 30 s/d 50 tahun atau wanita yang sudah pernah melakukan hubungan,” katanya di sela-sela penilaian di Balkondes Ngadiharjo Borobudur, kemarin.

 

Dia mengatakan dalam sosialisasi ini, pihaknya melakukan dengan cara berbeda. “Kami melakukan sosialisasi Iva Test melalui lagu, sport iklan, spanduk , kader tingkat desa dan lain lain,” katanya.

 

Wakil Ketua II PoKJA 4 PKK Jateng Tuti Hendrawan mengatakan Kabupaten Magelang masuk tiga besar bersama bersama Kabupaten Cilacap dan Pekalongan. “Kabupaten Magelang masuk tiga besar,” katanya.

 

Menurutnya kegiatan ini merupakan kegiatan Gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga bidang kesehatan. Dalam program ini Ibu – ibu  diberikan kesempatan deteksi dini kangker leher rahim dalam upaya pencegahan bagi ibu dari kematian.

 

“Kedatangan kami  Kali ini adalah melihat secara langsung apakah yg telah di laporkan betul betul sudah dilakukan dilapangan” katanya.

 

Dia menghimbau kepada para suami untukmemberikan dorongan kepada kaum  ibu agar secara dini melakukan deteksi dini kanker serviks mengingat akan bahaya yang ditimbulkan oleh kangker yang menyerang kaum ibu ini. (bn1/bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: