Sowan ke Ponpes Darussalam Watucongol Magelang, Ganjar Tegaskan Komitmen Bakal Jalankan UU Pesantren

BNews—MAGELANG— Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo melanjutkan safari politiknya dengan mengunjungi salah satu pondok pesantren tertua di Jawa Tengah, yakni Pondok Pesantren Darussalam Watucongol Magelang, Minggu (17/12/2023).

Kedatangan Ganjar diterima oleh KH Nurul Hidayat selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Watucongol. Ia kemudian melaksanakan Salat Zuhur berjamaah bersama dengan KH Nurul dan para santri.

Capres berambut putih ini tidak menampik, banyak aspirasi dan masukan yang didapatkannya usai menyambangi Pondok Pesantren Darussalam. Salah satunya, jika terpilih menjadi Presiden agar dapat menjalan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019, tentang Pesantren.

“Maka sebenarnya lebih banyak ‘Pak laksanakan segera UU Pesantren’, kalo dari mereka paling banyak itu,” imbuh Ganjar.

Ganjar mengaku, ketika dirinya menjadi Gubernur Jateng, sudah mempunyai pengalaman dalam menerapkan turunan UU Pesantren ini. Salah satu halnya membuat peraturan daerah (Perda) tentang Pesantren.

“Kalo pengalaman di Jawa Tengah dulu pasti perhatian ke Ponpes itu sudah biasa melaksanakan lah. Ada bangunan fisik, ruang kelas baru membuat tempat wudhu kadang-kadang fasilitas seperti peralatan pendidikan ada juga perhatian kepada guru madrasah di ponpes dan sudah kita kerjakan itulah,” tegas Ganjar.

Tidak hanya sekedar Perda, kata Ganjar, dirinya bersama pasangannya yaitu Calon Wakil Presiden Mahfud MD mempunyai tujuan agar ponpes untuk terus berperan memajukan negara dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda.

“Kemarin akan kita nasionalkan, sehingga Pak Mahfud melaunching di Sabang, sebenarnya itu pengalaman yang ada,” tutup Ganjar. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: