Tak Dapat Ijin Polisi Laga Ujicoba Timnas Gagal, Ini Kata PSSI

BNews–NASIONAL-– Laga uji coba Timnas Indonesia U-23 vs PS Tirta Persikabro di Satadion madya Senayan Jakarta tiba-tiba dibatalakan oleh pihak kepolisian. Hal tersebut disayangkan oleh  Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto

Uji coba Timnas vs PS Tira dipastikan batal karena belum mendapat izin dari polisi. Menurut Gatot, PSSI mengajukan permohonan rekomendasi untuk laga uji coba ke Kemenpora pada Senin (1/3). Kemenpora kemudian menerbitkan rekomendasi pada Selasa (2/3).

“Selanjutnya, PSSI yang komunikasi ke Polisi. Keputusan akhir ada di Kepolisian. Kami sangat terbuka dan legowo apapun yang diputuskan polisi,” kata Gatot dikutip cnn (3/3/2021).

Gatot menerangkan, urusan perizinan sepenuhnya dilakukan PSSI kepada polisi. Kemenpora dalam konteks ini hanya mengeluarkan rekomendasi kepada PSSI untuk penyelenggaraan uji coba.

“Saya kira yang berkomunikasi langsung dengan kepolisian adalah PSSI. Kami hanya bikin rekomendasi. Tapi kalau informasinya PSSI belum ada izin, saran dan permintaan kami harusnya PSSI memenuhi yang menjadi ketentuan, kalau belum ada izin jangan diselenggarakan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, sepengetahuannya pada saat pembahasan izin pramusim tidak ada rencana PSSI untuk menggelar uji coba untuk Timnas U-23, termasuk untuk laga persahabatan dengan Selebritis FC.

“Dalam izin yang dikeluarkan Kapolri pada 18 Februari lalu juga tidak menyebut pertandingan yang rencananya dimulai hari ini,” ujar Gatot.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Gatot mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyalahkan siapapun atas batalnya laga uji coba Timnas U-23 vs PS Tira malam ini. Termasuk kepada pihak kepolisian yang belum bisa mengeluarkan izin keramaian.

“Hari ini tidak ada izin pasti ada alasannya. Waktu itu konsentrasi saat koordinasi kami ke PSSI, LIB dan Polisi fokusnya ke pramusim, dan ini muncul di luar yang diajukan. Ini jadi pelajaran buat PSSI juga. Anggap aja ini catatan yang perlu diambil hikmahnya,” imbuhnya.

Sebenarnya ada tujuh rangkaian pertandingan yang diminta rekomendasinya oleh PSSI kepada Kemenpora. Dua diantaranya merupakan laga uji coba Timnas Indonesia U-23 melawan PS Tira Persikabo dan Bali United, Jumat (5/3) dan sisanya laga persahabatan yang diikuti Selebritis FC

“Tolong PSSI kominikasi lagi sama kepolisian. Apakah hanya hari ini yang tidak ada izin atau yang lain juga? Tapi bagaimana yang berikutnya. PSSI juga harus menyampaikan secara terbuka ke publik,” pinta Gatot.

Terkait persiapan Timnas U-23 di SEA Games 2021 di Vietnam, Kemenpora merupakan pihak yang mengucurkan bantuan dana kepada PSSI, yang nantinya digunakan tim asuhan Shin Tae Yong tersebut. (*/Dek)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: