Tergiur Bisnis Sabun, Pria di Bantul Ditipu Sahabat Karib Hingga Puluhan Juta

BNews—JOGJAKARTA— Nasib apes menimpa Sugiharto, 51, warga Pedukuhan Bantul Timur, Kalurahan Trirenggo, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul. Ia ditipu sahabatnya sendiri hingga mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Kapolsek Bantul Kompol Ayom Yuswandono mengatakan, korban mengalami penipuan dengan modus bisnis bodong. Perkara kasus yang terjadi pada medio atau pertengahan Oktober 2020 ini resmi dilaporkan ke Mapolsek Bantul pada Senin, (1/3).

Sebelumnya, korban sudah mengenal dan bahkan berteman baik dengan pelaku. Sang sahabat tersebut berinisial, EIP, warga Desa Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

”Korban tergiur dengan bisnis sabun yang digeluti oleh EIP,” kata Ayom, Rabu (3/3).

”EIP datang ke rumah korban menawarkan kerja sama. Dia ngakunya punya bisnis pembuatan sabun. Dia nawari produk untuk pembuatan kardusnya untuk wadah sabunnya,” sambungnya.

Selanjutnya, Ayom menjelaskan, akibat bujuk rayu yang terus menerus dilakukan oleh pelaku, hati korban akhirnya luluh. Sugiharto tergiur untuk membeli sebuah mesin cetak kardus dengan nominal harga Rp31 juta.

Awalnya, korban mengirimkan uang untuk membeli mesin tersebut secara bertahap. Pada Oktober tahun lalu terjadi sebanyak tiga kali pengiriman uang. Sisanya, Sugiharto kembali mengirimkan uang ke EIP pada November dengan total uang Rp31 juta.

Sayangnya, saat ini pelaku menghilang dan tidak dapat dihubungi. Sugiharto merasa telah menjadi korban penipuan setelah pelaku menghilang dan nomor telepon yang digunakan sudah tidak aktif lagi.

”Kita masih melakukan penyelidikan,” tegas dia.

Terkait perkara tersebut, Anom menyampaikan bahwa pihaknya masih terus melakukan penyelidikan. Antara korban dan pelaku sendiri sudah lama saling mengenal dan berkawan, sehingga tidak muncul kecurigaan dari Sugiharto saat ditawari bisnis percetakan kardus. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: