Tertangkap Basah Curi 3 Kilogram Brambang, Seorang Nenek Diamankan Polisi

BNews—JATENG—  Seorang nenek berinisial S terpaksa diamankan polisi. Nenek berusia 60 tahun ini diduga mencuri tiga kilogram bawang merah di pasar.

Peristiwa ini terjadi di Pasar Jungke Laweyan, Kota Solo. Sedang pelaku merupakan warga Klaten.

Kapolsek Laweyan AKP Bobby A Rachman mengatakan, pihaknya mengamankan seorang perempuan. Dimana, ia yang diduga telah melakukan pencurian bawang merah seberat tiga kilogram di Pasar Jongke Laweyan Solo.

Menurut Bobby, kejadian tersebut berawal dari korban pemilik kios di Pasar Jongke yakni, Wahyono, 50, yang menangkap basah pelaku S. Dimana, sang nenek itu ketahuan membawa bawang merah seberat kurang lebih tiga kilogram, hasil mencuri di kiosnya.

”Korban Wahyono kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Laweyan untuk proses selanjutnya,” jelasnya,

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku S mengaku nekat melakukan perbuatan tersebut karena terdesak kebutuhan. Dan tidak memiliki cukup uang untuk membelinya.

Melihat kondisi pelaku yang terdesak kebutuhan tersebut, kemudian mengambil langkah mediasi antara korban dan pelaku. Sehingga, kedua belah pihak diperoleh kesepakatan bersama untuk diselesaikan secara kekeluargaan.

Setelah kedua pihak sepakat, ia kemudian mengganti kerugian korban. Dan memberikan bawang merah tersebut kepada pelaku untuk dimanfaatkan.

”Akan sangat ironis, hanya karena tiga kilogram bawang merah untuk kebutuhan sehari-hari, seorang Ibu dipenjara. Karena itu, atas dasar kemanusiaan kami selesaikan kasus ini dengan restorative justice. Dengan catatan pelaku tidak akan mengulanginya di kemudian hari,” tegasnya. (ifa/han)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: