Tilang Elektronik Tahap II Bakal Diberlakukan Juli 2021

BNews—NASIONAL— Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap II akan segera diluncurkan pada Juli 2021. Hal ini disampaikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono.

Dia menyebut, dalam tahap kedua ini sedikitnya akan ada 13 Kepolisian Daerah yang menerapkan ETLE tahap II ini.

”Rencananya dilaksanakan di Solo nanti pada pertengahan Juli, ada 13 Polda,” ujar Istiono, Kamis (3/5/2021). Dilansir dari Kompas.com.

Sebelumnya, pada ETLE tahap I ada 12 Polda telah menerapkan sistem eletronik. Diantaranya Polda Banten, Polda Sulawesi Utara, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda DIY, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Sumatra Barat, Polda Lampung dan Polda Sulawesi Selatan.

Lebih lanjut, Istiono mengatakan, wilayah yang telah menerapkan tilang elektronik nyatanya berhasil membuat masyarakat menjadi lebih disiplin dalam berlalu lintas. Hal ini terbukti dengan meningkatnya angka kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas.

“Kepatuhan masyarakat meningkat hingga 40 persen,” kata Istiono.

Untuk diketahui, beberapa pelanggaran yang dapat direkam tilang elektronik atau ETLE, di antaranya melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak memakai helm yang berstandar SNI, memainkan gawai saat berkendara, menggunakan plat palsu, tidak menggunakan sabuk pengaman.

Mereka yang melanggar akan dikenakan denda mulai Rp 250.000 sampai dengan Rp 750.000. Dengan adanya Peningkatan sistem tilang elektronik ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan rasa disiplin berkendara serta meminimalisir adanya oknum-oknum yang melakukan pemerasaan saat melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: