Tim Bareskrim Mabes Polri Dikabarkan Grebeg Penambangan Pasir Merapi

BNews–JATENG– Lokasi penambangan galian C di lereng merapi wilayah Desa Tlogowatu Kecamatan Kemalang Klaten dikabarkan digrebeg Jajaran Bareskrim Mabes Polri  Jumat kemarin (5/3/2021). Diduga, penggerebekan dilakukan terkait perizinan kegiatan penambangan di lereng Merapi tersebut.

Dilangsir Radar Solo, Bareskrim Polri mendatangi lokasi penambangan di perbatasan antara Desa Tologawatu, Kecamatan Kemalang, Klaten dan Desa Jemowo, Kecamatan Tamansari, Boyolali. Di samping itu, juga melakukan penggerebekan di Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom.

“Memang kemarin ada penggerebekan, di Desa Bandungan juga. Proses awalnya (penggerebekan) mulai pukul 14.30, tapi penindakannya sampai Magrib,” ucap narasumber dikutip Radar Solo yang enggan disebutkan namanya, Sabtu (6/3).

Sementara Kepala Desa (Kades) Tlogowatu Suprat Widoyo, dia mengaku tidak tahu kedatangan Bareskrim Polri ke wilayahnya. Meski begitu, kabar mengenai adanya penggerebekan di wilayahnya sudah diketahui warga Tlogowatu.

“Saya tahunya malah ketika sudah malam hari. Itu pun tahunya juga dari warga. Sempat juga melihat truk trailer naik, tetapi saya tidak tahu apakah ada kaitannya dengan penelusuran oleh polisi itu atau bukan,” ucapnya. Dikutip radar solo.

Diakui Suprat, selama ini ketika ada penggerebekan polisi terhadap kegiatan penambangan galian C tidak, memang pernah ada pemberitahuan kepadanya.

Seperti pada 2020 lalu, pernah dilakukan penggerebekan kegiatan penambangan galian C di desa setempat tanpa sepengetahuan maupun pemberitahuan kepadanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim AKP Andriansyah Rithas Hasibuan menuturkan, pihaknya akan mencari tahu terkait penggerebakan itu.

Pihaknya pun belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kabar penggerebekan terhadap penambangan galian C di dua lokasi berbeda tersebut.

“Belum ada info. Coba nanti saya cek terlebih dahulu,” ucap kasat reskrim mewakili Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: