Tingkatkan Kualitas, Perpus Kota Magelang Bersiap Jadi Perpus Berstandar Nasional

BNews—MAGELANG—Perpustakaan Kota Magelang menyiapkan diri menjadi perpustakaan berstandar nasional. Berbagai upaya dilakukan termasuk menyelesaikan verifikasi akreditasi secara virtual.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang Isa Ashari menjelaskan verifikasi adalah tahapan yang harus dilakukan agar memperoleh predikat akreditasi. Verifikasi ini dilakukan oleh oleh tim asessor dari Perpustakaan Nasional.

Diketahui sebelumnya, pihaknya telah mengirimkan blangko berisi data ke perpustakaan nasional. Data tersebut yang nantinya akan diperiksa dan diverifikasi oleh tim asesor perpustakaan nasional secara virtual, pada Kamis (27/8/2020) lalu.

”Semua aspek yang dinilai meliputi koleksi buku-buku, sarana-prasarana, struktur organisasi, jumlah pengunjung, literasi dan hubungan antar perpustakaan” jelas Isa, beberapa waktu lalu.

Setelah diperiksa, Perpustakaan Kota Magelang diberikan jangka waktu lima hari untuk memaksimalkan data-data yang ada. ”Ada rekomendasi yang harus ditinjak lanjuti, video profil, video pelaksanaan, administrasi dan kebijakan ada sedikit kesalahan untuk kita perbaiki, mereka bersifat pembinaan, sehingga membina untuk memperbaiki kita” tambahnya.

Isa berujar, ini merupakan upaya dalam meningkatkan budaya literasi generasi muda. Menurutnya untuk membaca bukan hanya melalui buku saja, namun juga yang berkaitan dengan banyak hal.

Seperti membaca kondisi, peluang, pikiran termasuk membaca kondisi Covid-19 sehingga kita dapat menaati protokol kesehatan. ”Kita mengharapkan sekali masyarakat harus gemar membaca. Apalagi kalau tidak mau mengubah diri akan lebih sulit untuk menjadi lebih baik. Sebenarnya apapun yang kita lakukan akan kembali untuk diri kita” ajak Isa.

Loading...

Setelah akreditasi selesai, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan mempersiapkan peningkatan mutu melalui ISO. (*/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: