Tingkatkan Literasi Media, PKBM Taman Dewanta Gelar Pelatihan Jurnalistik

BNews—MAGELANG— Sejumlah masyarakat mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar yang diselenggarakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Taman Dewanta. Acara dilaksanakan di Sekretariat PKBM Taman Dewanta, Desa Keditan, Kecamatan Ngablak, Magelang selama dua hari, Selasa-Rabu (26-27/10).

Pengelola PKBM Taman Dewanta, Zaenal Afifudin mengatakan, gagasan mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar berawal dari banyaknya permintaan dari masyarakat. Dimana kemampuan menulis sesuai kaidah jurnalistik menjadi kebutuhan, terutama pada era digital saat ini.

“Era digital internet menjamurnya media sosial, membuat nitizen harus memahami cara menulis yang baik. Agar informasi dapat  tersampaikan secara efektif. Hal tersebut salah satu yang mendasari dilaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar ini,” ucap Afif.

Dia menyebut, peserta pelatihan berasal dari berbagai unsur, mulai dari Mahasiswa, Pelajar, Kyai, Takmir Masjid, Youtuber dan lain-lain.

“20 orang peserta berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Magelang, diantaranya Kecamatan Srumbung, Salam, Mertoyudan, Grabag dan Ngablak.

Mereka hadir karena minat dan kebutuhan yang sama, yaitu ingin memahami dan mengerti ilmu jurnalistik,” terang Afif.

Lanjut Afif, narasumber dalam acara tersebut yakni Wartawan dan Youtuber kompeten dibidangnya. Dimana narasumber menyampaikan materi diantaranya adalah, teknik wawancara, penulisan berita, penulisan artikel populer dan fotojurnalistik.

“Kami libatkan sebagai narasumber pelatihan, dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang. Ada pula Wartawan Foto Antara, dan Youtuber M. Choirul Anam yang sudah mendapatkan plakat silver Youtube,” papar Afif.

Salah satu peserta pelatihan, Kyai Achmad Sirajuddin, yang merupakan pengelola Pondok Pesantren (PP) Al falah Krajan Pagergunung Ngablak, menuturkan, dirinya berminat mengikuti pelatihan tersebut. Dikarenakan ilmu Jurnalistik Dasar sangat bermanfaat.

“Menulis atau mendokumentasikan peristiwa dalam bentuk tulisan, adalah hal yang positif, oleh karenanya Saya pun berminat untuk menambah pengetahuan Jurnalistik Dasar ini,” tutur Kyai Achmad. (mta).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: