Tips Memilih Cloud Hosting untuk Website

BNews—TEKNO— Bagi para programer website, istilah cloud hosting mungkin sudah tidak asing lagi. Padahal ini merupakan salah satu solusi bagi mereka yang menginginkan kemudahan dalam menyimpan data dalam jumlah besar serta namun tidak perlu berbagi dengan resource pengguna lain, biasanya dipakai oleh web besar dan web hosting untuk seo.

Berikut ulasan seputar  pengertian cloud hosting dan alasannya kenapa belakangan makin banyak diminati banyak orang.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting ditemukan atas gagasan cloud computing yang disampaikan oleh pakar komputasi dan kecerdasan buatan asam MIT, John McCarthy di tahun 1960.

Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dan ditindaklanjuti oleh pendiri Oracle di media tahun 1990-an sampai akhirnya sekarang sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan dunia, termasuk e-commerce ternama Amazon.

Tips Memilih Layanan Cloud Hosting

Dengan perkembangan dunia digital marketing yang begitu masif, banyak bermunculan layanan cloud hosting, baik di dalam atau luar negeri. Perlu untuk selektif dalam memilih layanan cloud hosting supaya bisa mendapatkan yang berkualitas, terhindar dari yang kurang profesional. Maka dari itulah, mari ikuti tipsnya seperti berikut ini.

1.       Pilih yang Mengutamakan Keamanan Pengguna

Hal utama yang perlu untuk diperhatikan saat memilih layanan cloud hosting adalah mereka yang mengutamakan keamanan pengguna. Jangan sampai data-data bisa bocor dengan mudah. Pilihlah cloud hosting yang memiliki fitur keamanan lengkap dan juga terjamin. Jangan ragu untuk bertanya ke penyedia layanan hosting mengenai keamanan yang ditawarkan.

2.       Memperhatikan Load Balance

Selain keamanan, load balance juga sangat penting dalam cloud hosting. Cari tahu seberapa besar mereka bisa mengatasinya, supaya website tetap stabil meskipun pengunjung membludak. Sebagai informasi, load balance ini nanti akan mengarahkan pengunjung ke server yang aktif. Tidak ada lagi yang namanya server down saat pengunjung sedang banyak-banyaknya.

3.       Memilih Layanan Cloud Hosting dengan Trial

Guna mengetahui berbagai hal yang ditawarkan, pilihlah layanan cloud hosting yang menawarkan trial. Hal tersebut digunakan untuk periode evaluasi. Ini cukup penting untuk memastikan layanan tersebut layak atau tidak digunakan. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dengan mencobanya langsung merupakan tindakan yang tepat.

4.       Memberikan Pelayanan 24 Jam Penuh

Disarankan untuk memilih perusahaan layanan hosting yang menawarkan pelayanan selama 24 jam penuh. Pasalnya, jika terjadi masalah sewaktu-waktu sudah ada yang menanganinya. Sehingga tidak akan ada masalah gangguan terjadi kapan saja, operator siap untuk membantu selama seharian penuh.

5.       Memahami Kebutuhan Sendiri atau Perusahaan

Terpenting dari yang sebelum-sebelumnya adalah memahami kebutuhan sendiri ataupun perusahaan. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan, akan lebih mudah untuk memilih layanan cloud hosting. Misalnya saja mencari yang memiliki layanan 24 jam, carilah mereka yang menawarkannya.

Dengan kebutuhan penyimpanan data yang semakin besar serta pengunjung yang tambah membludak, cloud hosting merupakan salah satu solusinya. Pastikan memilih layanan hosting terpercaya supaya tetap tenang dalam berbagai tantangan. (her/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: