TNI dan Forkompimda Magelang Lakukan Penanaman Jagung, Dukung GNKP 2023

BNews-MAGELANG- Perayaan HUT Ke-78 TNI kali ini, Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (GNKP) dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah militer di Indonesia. Pada GNKP Tahun 2023, acara tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, didampingi oleh Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, di Desa Wanajaya, Cibitung, Jawa Barat.

Selain itu, sebagai upaya untuk mendukung ketersediaan pangan bagi masyarakat di Kota/Kabupaten Magelang; Kodim 0705/Magelang bekerja sama dengan Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Ujang Darwis; dan jajaran Forkompimda melakukan penanaman jagung (jenis jagung manis hibrida F1) di Kampung Sanggrahan, Kelurahan Wates, Kota Magelang. Penanaman jagung dilakukan di lahan seluas 0,3 hektar dengan target panen sebanyak 3.000 kilogram.

Brigjen TNI Ujang Darwis, Kasdam IV/Diponegoro, berharap melalui kegiatan ini, TNI/Polri termasuk Pemerintah Daerah dapat meningkatkan hasil pertanian di wilayah masing-masing.

“Kami dari jajaran TNI memanfaatkan lahan-lahan tidur milik TNI dan bekerja sama dengan masyarakat dengan harapan hasilnya dapat meningkatkan produktivitas pertanian; dan digunakan untuk masyarakat sekitar,” ungkap Brigjen TNI Darwis setelah melakukan gerakan penanaman jagung; bersama jajaran Forkompimda pada Rabu, 1 November 2023.

Selanjutnya, Dandim 0705/Magelang, Letkol Inf Jarot Susanto, menjelaskan bahwa gerakan ketahanan pangan di wilayah Kota Magelang dilaksanakan di kelurahan Wates pada lahan milik Angkatan Darat seluas 0,3 hektar yang ditanami dengan jagung manis hibrida dan telah menghasilkan panen sebanyak tiga kali.

Sementara itu, gerakan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Magelang dilakukan di lahan bekas tambang yang tidak produktif selama 20 tahun, tepatnya di Desa Keningar, Kecamatan Dukun.

“Kami menanami jagung dengan luas lahan seluas 1,2 hektar dan juga telah panen sebanyak tiga kali dengan; jenis jagung hibrida,” jelas Jarot.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Lebih lanjut, Jarot menyatakan bahwa pemilihan tanaman jagung ini sesuai dengan tipologi wilayah, sehingga jagung; menjadi tanaman yang cocok dengan perawatan yang mudah dan tidak memerlukan banyak air.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, memberikan apresiasi atas inisiatif Panglima TNI RI; yang telah menggerakkan jajarannya di seluruh daerah untuk ikut serta dalam gerakan ketahanan pangan ini.

“Hal ini tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Magelang khususnya, untuk mendukung ketahanan pangan; di Kabupaten Magelang agar tidak perlu impor,” kata Adi.

Adi juga menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Pertanian dan Pangan siap untuk bekerja sama; dan memanfaatkan lahan-lahan kosong guna mendorong ketahanan pangan di Kabupaten Magelang. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: