Tutorial Lengkap Aplikasi PeduliLindungi Untuk Lacak Suspect Corona Disekitarmu

BNews—NASIONAL— Covid-19 merupakan virus yang tak kasat mata. Ukuran virus korona yang super kecil berukuran 125 nanometer atau 0,125 mikrometer ini hanya bisa dilihat dengan alat mikroskop.

Berdasarkan pengalaman tim medis yang menangani pasien positif korona, tidak sedikit orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gelaja terpapar covid-19. Sehingga pemerintah menggaungkan tagar #JagakJaraDulu dan #DiRumahAja untuk memotong mata rantai penularan virus korona.

Pemerintah juga mengembangkan aplikasi bernama PeduliLindungi yang bisa diunduh lewat gawai bersistem operasi Android. Diharapkan, aplikasi tersebut mampu melindungi diri kamu, keluarga serta orang terdekat lainnya.

Selain itu, aplikasi tersebut juga diharapkan mampu menghentikan penyebaran epidemi virus korona dengan membagikan data lokasinya saat bepergian. Agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita covid-19 dapat dilakukan.

Berikut panduan lengkap cara menggunakan aplikasi tersebut:

  1. Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store
  2. Isi nama dan nomor ponsel atau gawai yang kamu gunakan
  3. Setelah itu kamu akan mendapat kode OTP melalui SMS sebagai kode keamaan data
  4. Kamu juga akan diminta persetujuan untuk mengambil data nomor ponsel agar dapat menghubungi kamu jika ditemukan adanya riwayat kontak di sekitar kamu yang terinfeksi corona
  5. Aplikasi akan meminta izin untuk mengakses Bluetooth dan mengaktifkan mode Power Sharing
  6. Pastikan aplikasi ini aktif saat berada di tempat umum
  7. Agar menghemat baterai, bisa dengan mengaktifkan fitur Low Power Mode/Battery Saver pada Android 5.0 ke atas. Caranya bisa melalui Setting > Device/ Perangkat atau Battery. Kemudian geser tombol sampai menyala untuk mengaktifkan Low Power Mode. Bisa juga melalui status bar dengan menggulir layar dari atas ke bawah, kemudian mengaktifkan Low Power Mode atau Battery Saver. (han)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: