Uji Kompetisi Bagi Calon Pejabat Fungsional Kesehatan

BNews–TEMANGGUNG– Para perawat dan perawat gigi di Kabupaten Temanggung dipersiapkan untuk uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pejabat fungsional kesehatan. Perlu dilaksanakan uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 25 April 2018 dan dua minggu sebelumnya dilaksanakan Pra Uji Kompetensi.

 

Sektretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Adi Nurtantio mengatakan, Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja pejabat fungsional kesehatan. “Uji ini dilakukan oleh tim penguji dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi,” katanya (14/4).

 

“Hal ini dilakukan karena melihat kenyataan bahwa lingkup pekerjaan Jabatan Fungsional kesehatan yaitu perawat dan perawat gigi tersebut memiliki cakupan yang cukup luas, membutuhkan penguasaan pengetahuan standar teoritis di bidangnya, serta memerlukan penguasaan khusus secara substansial menurut tingkat keahlian pada bidang tertentu,” imbuhny.

 

Oleh karena itu regulasi telah mengaturnya guna peningkatan kualitas SDM dan kualitas pelayanan. Uji kompetensi ini dilandasi dengan Peraturan Menteri Kesehatan No.18 Tahun 2017 tentang Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan. Dari data yang diusulkan menjadi peserta uji kompetensi diperoleh keterangan jumlah seluruh calon pejabat fungsional kesehatan adalah 66 orang. ” Ketika dilakukan Pra Uji Kompetensi di Aula Loka Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung kemarin, hadir 58 orang terdiri 21 perawat dari Rumah Sakit (RSUD) dan 23 dari Puskesmas serta 14 fungsional perawat gigi,” paparnya.

 

“Tujuan diadakan “PRA UJI KOMPTENSI” adalah untuk mempersiapkan peserta uji kompetensi dalam menghadapi uji kompetensi serta untuk mengukur seberapa kesiapan berkas portofolio masing-masing peserta”, pungkasnya.—(bhp)-

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: