UNIK !!! Jemput Lansia Di Sawangan Magelang Pakai Odong-Odong Untuk Vaksinasi

BNews–MAGELANG– Ada cara unik dilakukan oleh Pemerinta Desa (Pemdes) Mangunsari Kecamatan Sawangan menjemput warganya lansia untuk vaksinasi. Mereka para Lansia warga Mangunsari dijemput naik Odong-odong menuju Balai Desa.

Tidak hanya itu, dua orang Perangkat Desa Mangunsari bahkan berkostum dan bermakeup dua tokoh punokawan. Yakni Gareng dan Bagong.

Kepala Desa Mangunsari, Puas Siswa Widada mengatakan, pihaknya memberikan undangan untuk vaksin kepada 430 lansia. Lansia menjadi prioritas penerima vaksin karena rentan terhadap penularan Covid.     

“Lansia yang tidak bisa naik motor atau tidak ada kendaraan untuk mengantar, kami dari Desa Mangunsari memfasilitasi itu. Kami mendukung sepenuhnya vaksin untuk lansia,” katanya (10/6/2021).

Dia juga mengungkapkan, untuk jemputan odong-odong bermaksud memberikan suasana santai kepada lansia yang akan divaksin. “Biar warga merasa terhibur jadi tidak tegang,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjutnya sosok punokawan Gareng dan Bagong juga bertugas sebagai penerima pendaftaran vaksin. “Saya kasih hiburan punokawan Gareng dan Bagong. Itu prinsipnya untuk menghibur,” imbuhnya.

Odong-odong atau sering disebut juga kereta wisata secara bergiliran menjemput warga di 4 dusun di Desa Mangunsari. Sebelumnya, petugas bantuan kesehatan Puskesmas Sawangan telah mendata lansia, termasuk memeriksa tensi darah agar mereka dapat divaksin.

“Tadi itu ada lansia yang tensinya 200. Ternyata setelah datang ketemu Gareng, geguyon dan dijemput odong-odong, terus (tensinya) turun dan akhirnya bisa divaksin,” kata Kepala Desa Puas Siswa Widada.

Punokawan jemput lansia di Mangunsari Sawangan untuk vaksinasi
Punokawan jemput lansia di Mangunsari Sawangan untuk vaksinasi

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, vaksinasi tahap satu mencapai 41.792 dosis. Kemudian dosis dua jumlahnya mencapai 30.989 orang.

Dari data tersebut, dosis vaksin tahap satu untuk tenaga kesehatan sebanyak 4.934 dan untuk tahap kedua berjumlah 2.739 dosis. Sedangkan vaksinasi bagi pelayan publik tahap satu mencapai 21.218 orang. Untuk dosis kedua bagi pelayan publik sudah mencapai 17.566 orang.

Jumlah vaksinasi untuk lansia tahap satu mencapai 17.640 orang, dan dosis dua sudah terlayani 10.684 orang. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: