Unik! Petugas KPPS di Krogowanan Sawangan Magelang Tampilkan Jaranan Kepang

BNews–MAGELANG– Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13 Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang mengenakan kostum jaranan kepang, Rabu (14/2/2024).

Selain itu tempat pemungutan suara diubah sedemikian rupa layaknya pentas kesenian wayang, terdapat pernak-pernik wayang di dalamnya.

Sebelum pencoblosan dimulai, petugas KPPS yang terdiri dari enam orang itu mulai menari jaranan kepang. Atraksi kesenian tersebut disambut antusias warga.

Sembari menari, para petugas mengawali coblosan. Kemudian giliran warga yang menggunakan hak suaranya.

“Jaranan (kepang) simbol semangat. Saya buat konsep (kesenian jaranan kepang) ini agar warga semangat datang ke TPS,” kata salah satu warga Dusun Keron yang juga seniman, Sujono pada Rabu (14/2/2024) pagi.

Menurutnya, warga Dusun Keron perlu mendapat suntikan semangat agar mereka mau berbondong-bondong datang ke TPS. Inovasi yang dilakukan tersebut guna meningkatkan partisipasi warganya.

“Dengan (konsep) ini, jangan sampai warga sini (Dusun Keron) golput. Semua wajib milih,” ujar dia.

Salah satu warga, Rida Prasetya (31) dia mengaku senang jika TPS didusunnya dikonsep dengan meriah. TPSnya berbeda dengan lokasi lain yang cenderung monoton.

“Nggak nyangka. Saya kira (TPS-nya) biasa saja,” ujarnya. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: