Update Corona Kabupaten Magelang : 19 PDP, 122 ODP dan 2 Positif


BNews–MUNGKID– Pemerintah bersama DPRD Kabupaten Magelang terus menyiapkan kemungkinan bertambahnya pasien wabah virus corona di wilayahnya. RSU Merah Putih Blondo disiapkan 15 kamar isolasi.


Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Magelang, Syukur Achadi mengatakan dari data di Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang jumlah pasien per tanggal 27 Maret 2020 meningkat. “Jumlah ODP 122 orang, PDP 19 orang dan positif 2 orang,” katanya saat diwawancarai Borobudurnews.com (27/3/2020).


PDP ini, katanya dirawat di sejumlah rumah sakit di Kabupaten dan Kota Magelang. Seperti RSUD Tidar Kota Magelang dan RST dr Soedjono.


Sementara dua pasien positif Covid-19 dirawat di RSUD Tidar Magelang satu orang. Kemudian di RST dr Soedjono Satu orang.

Disebutkannya, bahwa kesiapan kamar dan SDM di RSU Merah Putih semua beres. Namun ketersediaan Alat Pelinduk Diri (APD) bagi petugas medis masih menjadi persoalan.

DPD PKS Magelang Ramadhan

“Harapannya nanti terkait APD kita tunggu bantuan dari Pusat maupun Provinsi. Meskipun nanti dari pihak Pemkab juga mengusahakan,” ujarnya sesaat lakukan sidak bersama anggota di RSU Merah Putih.


Diungkapkannya, usaha Pemkab nanti akan berupaya pengadaan mandiri dari anggaran pengalihan. “Nanti anggaran diambilkan dari pengalihan beberapa kegiatan maupun anggaran lain lain yang kurang prioritas. Jadi nanti kita prioritaskan APD itu, karena jika semua siap kecuali APD ya sama saja tidak bisa digunakan,” ungkapnya.

“Saat ini rumah sakit rujukan lain di Magelang masih mencukupi. Jadi sambil menunggu kelengkapan ADP di RSUD Merah Putih, jika ada pasien bisa ke rs rujukan lainnya itu dulu. Namun semoga tidak bertambah,” pungkasnya. (bsn/wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: