VIRAL !!! Buah Unik Hanya Di Indonesia Dikira Durian, Ternyata….

BNews–NASIONAL– Ada sebuah postingan mengenai buah mirip durian dengan nama Buah Teretung viral di media sosial TikTok. Postingan tersebut diunggah oleh akun TikTok @nupkan_ “Buah Teretung.

Btw bukan durian yaa gys. Bukit Bungau Ketungau hulu, sintang, Kalbar,” tulis akun tersebut.

Pihaknya sembari melampirkan sebuah video yang memperlihatkan sebuah buah dengan kulit mirip durian berwarna hijau namun berbentuk bulat.

Adapun saat dibelah isi dari buah tersebut terlihat mirip dengan durian namun dengan jumlah isian yang terlihat lebih kecil.

Beragam komentar muncul terkait buah tersebut. “Jangankan mkn bentuknya aja seumur hidup bru liat ni buah kayaknya hsil persilangan rabutan&durian x ya,” ujar akun Sri sri dan sri.

“Kalau di Kalteng itu namanya buah ‘tongkoi'” ujar akun dengan nama jeryyy. “Kalau di tempatku namanya durian daun,” tulis akun EX-VENOM

Penjelasan peneliti LIPI Peneliti Ahli Madya dari Instansi Puslit Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Deden Girmansyah, M.Si menjelaskan; buah Teretung sebagaimana yang terlihat dalam video viral tersebut merupakan jenis dari buah durian.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Akan tetapi, durian tersebut adalah jenis durian yang tumbuh liar di alam, dan masih belum dibudidayakan. “Dia tumbuh liar di hutan, belum ada yang menanam secara budidaya. Jadi itu memang masih anggota durian. Nama latinnya Durio oxleyanus,” ujar Deden, dikutip kompas.

Adapun durian yang biasanya dijual di pasaran merupakan durian yang memiliki nama ilmiah Durio zibethinus. “Jadi itu bukan mirip durian, tapi memang itu jenis durian,” tandas Deden.

Pihaknya menjelaskan, durian tersebut merupakan makanan hewan seperti kera dan sejeninsnya di alam. Adapun biji dari buah tersebut kemudian biasa disebarkan oleh hewan-hewan yang memakannya.

Deden menjelaskan tempat tumbuh buah tersebut banyak ditemukan di hutan wilayah Pulau Kalimantan, termasuk juga di wilayah Pulau Sumatera.

Adapun buah tersebut memiliki isian yang lebih sedikit dibanding buah durian pada umumnya.

Menurut dia, buah tersebut hanya memiliki 4 ruang, sehingga isinya pun tidak banyak. Daging buahnya berwarna kuning dengan aroma menyengat. Namun menurut Deden, rasa buah durian tersebut lebih enak dibandingkan dengan durian pada umumnya.

Teretung sendiri menurutnya di setiap daerah memiliki penamaan yang bermacam-macam. Ia mengatakan di alam durian tersebut tumbuh dengan pohon yang umumnya tinggi.

Dan biasanya buah-buah tersebut dijatuhkan oleh hewan-hewan semacam kera dan beruk. Buah-buah yang jatuh itulah yang biasanya didapatkan untuk kemudian dimakan. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: