Viral Website Open Data Pemkab Magelang, Begini Kata Kominfo Jateng

BNews—MAGELANG— Beberapa hari terakhir, media sosial dihebohkan dengan terbukanya data beberapa warga Kabupaten Magelang di situs web pemerintah setempat. Website tersebut menampilkan data pribadi warga seperti nomor KK dan NIK.

Menanggapi hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Magelang telah melakukan klarifikasi. Yang mana diunggah di akun twitter resminya @kominfomagelang.

Dalam unggahan itu, Diskominfo Kabupaten Magelang memohon maaf atas kesalahan data yang terunggah. Disebutkan bahwa permasalahan itu sedang dalam proses tindak lanjut.

Dijelaskan juga bahwa website open data merupakan sinergi dari berbagai pihak.

”Kami akan terus berkoordinasi untuk segera mengusut dan menyelesaikan masalah ini,” tulisan seperti dikutip BorobudurNews dari unggahan tersebut,

Diskominfo Kabupaten Magelang juga mengimbau masyarakat agat berhati-hati apabila menemukan penyalahgunaan data.

“Segera laporkan kepada pihak yang berwenang. Kami berharap tidak akan ada kesalahan seperti ini lagi. Terima kasih atas pengertian dan pemakluman saudara,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Jawa Tengah, Rina Retnaningrum, mengaku telah mengetahui isu terbukanya data warga Kabupaten Magelang di situs web pemerintah setempat.

Dia mengatakan, bakal mengevaluasi bersama Kominfo pusat dan Diskominfo di wilayah Jateng lainnya agar kejadian ini tidak akan terulang.

“Kami dari Diskominfo Jateng sudah berkomunikasi dengan Diskominfo Magelang. Dari pihak terkait pun sudah memberikan klarifikasi. Situs sudah tidak bisa diakses sementara,” kata Rian, Senin (7/6/2021). Dilansir dari Kumparan.

Lebih lanjut, Rina menjelaskan bahwa sebenarnya situs open data itu diniatkan untuk memberikan keterbukaan akses informasi kepada masyarakat. Guna mewujudkan transparansi di pemerintah, namun kejadian ini akan menjadi bahan evaluasi ke depannya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: