Waisak di Candi Borobudur Ditiadakan

BNews–BOROBUDUR-– Perayaan Waisak bagi umat Budha tahun 2020 ini berbeda dari biasanya. Dimana perayaan di Candi Borobudur dan Candi Mendut, Kabupaten Magelang tahun ini ditiadakan karena pandemi virus Corona atau COVID-19 belum mereda.

Penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Magelang Kantor Kemenag Kabupaten Magelang menghimbau umat Budha untuk merayakan dan bersembahyang Waisak di rumah masing-masing.

“Perayaan di Borobudur dan Mendut ditiadakan. Ya alasannya masih dalam suasana COVID-19. Jadi imbauan dari pemerintah karena untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran dari COVID-19 itu, makanya salah satunya itu,” katanya.

Ia juga menjelaskan, rangkaian pengambil air suci di Jumprit, Kabupaten Temanggung dan pengambilan api dari Grobogan juga ditiadakan. Tak hanya itu, arak-arakan atau pradaksina di Candi Borobudur juga tidak diadakan.

“Ceramah keagamaan, lanjutnya, akan dilaksanakan secara online. Bisa disimak di channel Youtube Permabudhi, Facebook Permabudhi atau DAAI TV,” imbuhnya.

Saring menambahkan, sebagaimana instruksi dari Menteri Agama dan Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, umat Buddha diimbau untuk melaksanakan perayaan detik-detik waisak di vihara masing-masing atau di rumah masing-masing. Untuk penyelenggaran di vihara, pesertanya dibatasi tak boleh lebih dari lima orang.

“Semua kegiatan yang bersifat nasional atau bersifat mengerahkan massa itu ditiadakan. Jadi kalau ceramah-ceramah para bhikkhu itu live streaming,” pungkasnya. (her)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: